DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MUATAN PENDIDIKAN IPS MATERI KEGIATAN EKONOMI MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING, TALKING STICK DAN SCRAMBLE PADA KELAS IV SDN SUNGAI MIAI 2 BANJARMASIN
PENGARANG:ELLYSA SALIM
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-24


Permasalahan pada penelitian ini adalah kurangnya aktivitas siswa dan keterampilan berpikir kritis siswa terhadap pembelajaran. Hal ini disebabkan oleh siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran karena pembelajaran yang kurang bermakna dan kurangnya keterampilan berpikir kritis siswa dikarenakan pemilihan model pembelajaran yang kurang tepat. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning, Talking Stick dan Scramble. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan dan mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa dan keterampilan berpikir kritis siswa. Kegiatan penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Sungai Miai 2 yang berjumlah 21 orang siswa yang terdiri dari 8 orang siswa laki-laki dan 13 orang siswa perempuan, pada semester II tahun ajaran 2022/2023. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh melalui pendekatan kualitatif diperoleh melalui hasil observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan keterampilan berpikir kritis siswa, kemudian menggunakan data kuantitatif untuk memperoleh data yang lebih akurat. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru pada pertemuan I memperoleh skor 20 dan pada pertemuan IV memperoleh skor maksimal 24. Aktivitas siswa pada pertemuan I dengan jumlah klasikal 62% dan meningkat pada pertemuan IV menjadi 90%. Keterampilan berpikir kritis pada pertemuan I hanya 62% dan meningkat pada pertemuan IV menjadi 90% Kesimpulan penelitian ini adalah dalam penggunakan model kombinasi Problem Based Learning, Talking Stick dan Scramble dapat meningkatkan aktivitas dan keterampilan berpikir kritis siswa. Model Problem Based Learning, Talking Stick dan Scramble dapat disarankan menjadi referensi alternatif dalam meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan keterampilan berpikir kritis

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI