DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, KARAKTER KESADARAN LINGKUNGAN DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL JENIUS BERBASIS STEM PADA MUATAN IPA DI KELAS VB SDN ALALAK TENGAH 4
PENGARANG:NURUL FITRIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-24


Permasalahan yang terdapat pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, 

karakter kesadaran lingkungan dan hasil belajar siswa pada materi siklus air dan 

dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelangsungan makhluk hidup. 

Penyebabnya adalah siswa yang kurang terlibat aktif selama proses pembelajaran 

dan pembelajaran yang kurang menarik. Solusi pemecahan masalah pada penelitian 

ini adalah menggunakan model JENIUS (Problem Based Learnng, Course Review 

Horay terintegrasi STEM). Tujuan pada penelitian ini adalah mendeskripsikan

aktivitas guru dan menganalisis aktivitas siswa, karakter kesadaran lingkungan dan 

hasil belajar siswa muatan IPA Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita pada siswa kelas 

VB SDN Alalak Tengah 4.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Jenis 

penelitian yang digunakan yaitu penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tindakan Kelas 

dilakukan dalam 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB 

SDN Alalak Tengah 4tahun 2022/2023, dengan jumlah siswa 21 orang. Aktivitas 

guru dan siswa diperoleh dari lembar observasi. Hasil belajar siswa didapat dari tes 

tertulis yang dikerjakan secara individu. Analisis data pada penelitian ini 

menggunakan teknik deskriptif. 

Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa aktivitas guru telah mencapai 

91% dengan kategori sangat baik, aktivitas siswa telah mencapai 95% dengan 

kategori sangat aktif, hasil belajar kognitif telah mencapai 100% dengan kategori 

tuntas, hasil belajar afektif (karakter kesadaran lingkungan) telah mencapai 100% 

dengan kategori sudah membudaya dan hasil belajar psikomotorik telah mencapai 

90% dengan kategori sangat baik.

Berdasarkan hasil tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa dengan 

menggunakan model JENIUS terintegrasi STEM maka akivitas guru, aktivitas 

siswa, karakter kesadaran lingkungan dan hasil belajar siswa mengalami 

peningkatan. Sehingga model tersebut direkomendasikan untuk meningkatkan 

aktivitas dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI