DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENINGKATKAN AKTIVITAS, KARAKTER KESADARAN LINGKUNGAN DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL JENIUS BERBASIS STEM PADA MUATAN IPA DI KELAS VB SDN ALALAK TENGAH 4 | |
PENGARANG | : | NURUL FITRIANI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2023-08-24 |
Permasalahan yang terdapat pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas,
karakter kesadaran lingkungan dan hasil belajar siswa pada materi siklus air dan
dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelangsungan makhluk hidup.
Penyebabnya adalah siswa yang kurang terlibat aktif selama proses pembelajaran
dan pembelajaran yang kurang menarik. Solusi pemecahan masalah pada penelitian
ini adalah menggunakan model JENIUS (Problem Based Learnng, Course Review
Horay terintegrasi STEM). Tujuan pada penelitian ini adalah mendeskripsikan
aktivitas guru dan menganalisis aktivitas siswa, karakter kesadaran lingkungan dan
hasil belajar siswa muatan IPA Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita pada siswa kelas
VB SDN Alalak Tengah 4.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Jenis
penelitian yang digunakan yaitu penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tindakan Kelas
dilakukan dalam 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB
SDN Alalak Tengah 4tahun 2022/2023, dengan jumlah siswa 21 orang. Aktivitas
guru dan siswa diperoleh dari lembar observasi. Hasil belajar siswa didapat dari tes
tertulis yang dikerjakan secara individu. Analisis data pada penelitian ini
menggunakan teknik deskriptif.
Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa aktivitas guru telah mencapai
91% dengan kategori sangat baik, aktivitas siswa telah mencapai 95% dengan
kategori sangat aktif, hasil belajar kognitif telah mencapai 100% dengan kategori
tuntas, hasil belajar afektif (karakter kesadaran lingkungan) telah mencapai 100%
dengan kategori sudah membudaya dan hasil belajar psikomotorik telah mencapai
90% dengan kategori sangat baik.
Berdasarkan hasil tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa dengan
menggunakan model JENIUS terintegrasi STEM maka akivitas guru, aktivitas
siswa, karakter kesadaran lingkungan dan hasil belajar siswa mengalami
peningkatan. Sehingga model tersebut direkomendasikan untuk meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI