DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, KARAKTER KERJA KERAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MENGGUNAKAN MODEL PIAGAM BERBASIS STEM DI SDN PANGERAN 1 BANJARMASIN
PENGARANG:MUHAMMAD FAJRIN MAULANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-24


ABSTRAK

Maulana,Muhammad Fajrin. 2023Meningkatkan Aktivitas, Karakter Kerja Keras dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Menggunakan Model PIAGAM Berbasis STEM di SDN Pangeran 1 Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Pembimbing : Muhsinah Annisa, S.Si., M.Pd.

Kata Kunci: Aktivitas Siswa, Karakter Kerja Keras, Hasil Belajar, PIAGAM

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, karakter kerja keras dan hasil belajar siswa pada materi sifat dan perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari. Penyebabnya adalah siswa kurang aktif dalam pembelajaran, belum dapat memahami kosep pembelajaran dengan baik, belum dapat memecahkan masalah, pembelajaran masih bersifat satu arah, dan kurangnya implementasi teknologi di dalam pembelajaran.Hal ini menyebabkan siswa menjadi kurang bersemangat mengikuti kegiatan pembelajaran, pemahaman konsep IPA yang diterima siswa kurang maksimal, siswa menjadi pasif serta hasilbelajar yang didapatkan siswa masih rendah. Alternatif pemecahan masalah pada penelitian ini menggunakan model PIAGAM (Problem Based Learning, Teams Games Tournamentberbasis pendekatan STEM. Tujuan penelitian yang ingin dicapai ialah mendeskripsikan danmeningkatkan aktivitas guru,aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan 2 macam pendekatan yaitukuantitatifdan kualitatifdenganjenisPenelitianTindakanKelas(PTK)yangdilaksanakandalam empatkalipertemuan.SubjekpenelitiandisiniadalahsiswakelasVsemester genapSDNPangeran 1 Banjarmasintahun ajaran2022/2023,denganjumlah siswasebanyak25 siswa.Aktivitasgurudansiswadiperolehmelaluilembar observasi.Hasilbelajarsiswadiperolehmelaluiteknikpengukurandengantes tertulissecaraindividu.AnalisisdatadalampenelitianinimenggunakanTeknikdeskriptifanalisisdijabarkandengantabel,grafikdaninterpresidenganpersentase.

Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwaaktivitasguruterlaksanahinggamencapai nilai 97% dengan kategori sangat baik, aktivitas siswa terlaksana hingga  mencapai persentase96%dengankategorisangataktif,hasilbelajarkognitifsiswa mencapaipersentase100%dengankategorituntas,hasilbelajarafektifmencapaipersentase100%dengankategorimembudaya,danhasilbelajarpsikomotormencapaipersentase100%dengankategori sangatbaik.

BerdasarkanhasiltemuantersebutdapatdisimpulkanbahwadenganmenggunakanmodelPIAGAMdapatmeningkatkanaktivitas, karakter kerja kerasdanhasilbelajarsiswa.Disarankanmodelinidapatdijadikansalahsatualternatifdalam meningkatkanaktivitas, karakter kerja keras dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI