DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI MODEL PBL DAN PENDEKATAN TPACK BERBASIS MEDIA INTERAKTIF (VIDEO & PPT CANVA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SERTA HASIL BELAJAR IPA KELAS IV DI SDN PENGAMBANGAN 3
PENGARANG:FAHRINA HIKMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-24


Hikmah, Fahrina 2023. Impelementasi Model PBL Pendekatan TPACK Berbasis Media Interaktif (Video & PPT Canva) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Serta Hasil Belajar IPA Kelas IV di SDN Pengambangan 3. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan . Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. Radiansyah, M.Pd.

Kata Kunci : PBL, Pendekatan TPACK, Media Interaktif, Berpikir Kritis, Hasil Belajar

 

Permasalahan dalam penelitian adalah rendahnya aktivitas belajar, berpikir kritis dan hasil belajar disebabkan masih menggunakan model ceramah, model pembelajaran berkelompok sangat minim, tidak menerapkan model pembelajaran berbasis masalah atau berpikir kritis, pembelajaran masih berupa bahan cetak, tidak adanya media pembelajaran interaktif digital. Oleh karena itu dilakukan upaya untuk meningkatkan meningkatkan aktivitas siswa da keterampilan berpikir kritis menggunakan model PBL Pendekatan TPACK berbasis media interaktif (Video & PPT Canva). Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas guru, mendeskripsikan aktivitas siswa, menganalisis hasil belajar siswa dan keterampilan berpikir kritis.

Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan. Data yang digunakan berbentuk kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui hasil observasi aktivitas guru, aktivitas siswa. Sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui hasil belajar siswa dan keterampilan berpikir kritis. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Pengambangan 3 Banjarmasin dengan jumlah 22 orang. Adapun indikator keberhasilan penelitian ini adalah siswa dapat mencapai nilai ≥70 untuk ketuntasan individu dan dapat mencapai 82% siswa secara klasikal, serta aktivitas guru mencapai kriteria “Sangat Baik”, aktivitas siswa mencapai kriteria “Sangat Aktif” dan keterampilan berpikir kritis mencapai “Sangat Terampil”.

Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru pada pertemuan 1 mencapai skor 22 kriteria Baik, dan meningkat pada pertemuan 3 mencapai skor 28 krteria Sangat Baik. Aktivitas siswa pertemuan 1 mencapai persentase 45,45% dengan kriteria Cukup Aktif dan mengalami p eningkatan pada pertemuan 3 menjadi 90,91% kriteria Sangat Aktif. Keterampilan berpikir kritis pertemuan 1 mencapai persentase 45,45% kriteria Cukup Terampil dan meningkat pada pertemuan 3 menjadi 90,01% kriteria Sangat Terampil. Ketuntasan hasil belajar siswa pada pertemuan 1 mencapai 45,45% meningkat pada pertemuan 3 mencapai 95,45%

Berdasrakan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa menggunakan model Model PBL Pendekatan TPACK Berbasis Media Interaktif (Video & PPT Canva) pada kerlas IV SDN Pengambangan 3 Banjarmasin. Hasil penelitiaan ini dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar di SDN Pengambangan 3 Banjarmasin.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI