DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN PPKN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PATRI PADA KELAS III DI SDN TANJUNG PAGAR 3
PENGARANG:ALDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-24


ABSTRAK

Aldi. 2023. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Beban PPKn Menggunakan Model PATRI Pada Kelas III SDN TANJUNG PAGAR 3. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembina Ratna Purwanti, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Pembelajaran Berbasis Masalah, Think Pair Share, dan Course Review Horay.

Permasalahan yang diangkat dari penelitian ini adalah aktivitas siswa masih rendah dan hasil belajar siswa masih terbatas. Penyebab permasalahan tersebut adalah siswa tidak berinteraksi dalam pembelajaran, siswa tidak berperan aktif dalam proses pembelajaran, dan siswa tidak bekerjasama dalam mengerjakan tugas kelompok. Serta rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu, salah satu upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar adalah melalui model Problem Based Learning, Think Pair Share, dan Course Review Horay. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa dan menganalisis hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN TANJUNG PAGAR 3 Tahun Pelajaran 2023/2024, jumlah siswa sebanyak 36 orang. Teknik analisis diperoleh melalui observasi, dan data hasil belajar siswa didapat melalui evaluasi, kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif dan digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik. Selanjutnya diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masing indikator keberhasilan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa secara individual dan klasikal.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada setiap pertemuan selalu terlaksana dengan baik, pada setiap pertemuan memperoleh “Kriteria Sangat Baik”. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan pada pertemuan 1 memperoleh kriteria “Aktif” dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi “Sangat Aktif”. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh 63% dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 100%. Berdasarkan temuan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning, Think Pair Share dan Course Review Horay dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar. Disarankan kepada guru khususnya muatan PPKn tema 7 dapat mengembangkan pembelajaran inovatif dengan menjadikan model ini sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan mutu pendidikan.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI