DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN PPKn MODEL PRINTER PADA SISWA KELAS IV SDN TANJUNG PAGAR 3 BANJARMASIN
PENGARANG:MAULANA AHMAD ZAILANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-24


Zailani, Maulana Ahmad. 2023. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Muatan PPKn Model Printer Pada Siswa Kelas IV SDN Tanjung Pagar 3 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dessy Dwitalia Sari, M.Pd.

Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Problem Based Learning, Think Pair Share, dan Picture and picture.

Permasalahan yang diangkat dari penelitian ini adalah aktivitas siswa masih rendah dan hasil belajar siswa masih terbatas. Penyebab dari permasalahan ialah pembelajaran belum terpusat pada siswa, aktivitas siswa yang masih rendah dan hasil belajar siswa yang masih rendah. Oleh karena itu, salah satu upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar yaitu melalui model Problem Based Learning, Think Pair Share, dan Picture and picture. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa dan menganalisis hasil belajar siswa. 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN TANJUNG PAGAR 3 Tahun Pelajaran 2023/2024, jumlah siswa sebanyak 33 orang. Teknik analisis diperoleh melalui observasi, dan data hasil belajar siswa didapat melalui evaluasi, kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif dan digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik. Selanjutnya diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masing indikator keberhasilan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa secara individual dan klasikal.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 mendapatkan kriteria “Cukup Baik” dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi “Sangat Baik”. Aktivitas Siswa juga mengalami peningkatan pada pertemuan 1 memperoleh kriteria “Cukup Aktif” dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi “Sangat Aktif”. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pertemuan 1 memperoleh 63.64% dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 100%.

Berdasarkan temuan dan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning, Think Pair Share dan Picture and picture dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas dan hasil belajar siswa. Disarankan dalam penggunaan kombinasi model Problem Based Learning, Think Pair Share dan Picture and picture  dapat dijadikan sebagai salah satu referensi alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI