DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL BELIRA MUATAN IPA DI KELAS V DI SDN TELUK DALAM 11 BANJARMASIN
PENGARANG:MUHAMMAD FAISAL
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-24


Faisal, Muhammad, 2023. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model BELIRA di Kelas V di SDN Teluk Dalam 11 Banjarmasin. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Diani Ayu Pratiwi, M.Pd.

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, BELIRA.

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, hasil belajar. Hal tersebut disebabkan pembelajaran yang bersifat satu arah, pembelajaran monoton dan siswa tidak terlibat aktif dalam pembelajaran. Sehingga berdampak pada siswa yang kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran, siswa hanya berfokus pada guru, dan mengalami keterlambatan dalam menghadapi materi yang lebih tinggi, serta rendahnya hasil belajar. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran BELIRA (Problem Based Learning, Numbered Head together, dan Talking Stick) dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas   guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Teluk Dalam 11 Banjarmasin, kota Banjarmasin yang berjumlah orang siswa terdiri dari 5 orang siswa laki-laki dan 9 orang siswa perempuan, pada semester II tahun ajaran 2022/2023. Masalah yang ditemukan dilapangan yaitu terdapat 50% siswa mendapatkan nilai dibawah KKM dalam muatan IPA. Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa kemudian menggunakan data kuantitatif untuk hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Aktivitas Guru pada pertemuan I mencapai  dengan kriteria Baik meningkat pada pertemuan IV menjadi 100% dengan kriteria Sangat Baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai  29% dengan kriteria Cukup Aktif dan meningkat pada pertemuan IV mencapai 93% dengan kriteria Sangat Aktif. Untuk hasil belajar aspek kognitif siswa pada pertemuan I dengan ketuntasan klasikal  36% meningkat pada pertemuan IV dengan ketuntasan klasikal 100%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran BELIRA (Problem Based Learning, Numbered Head together, dan Talking Stick) dapat meningkatkan hasil belajar sehingga hipotesis dapat diterima. Untuk itu disarankan model tersebut dapat dijadikan salah satu variasi model dalam meningkatkan aktivitas guru dan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI