DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, MOTIVASI DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MUATAN IPA MENGGUNAKAN MODEL GEMA PADA SISWA KELAS IVA SDN KELAYAN SELATAN 10
PENGARANG:DIAH ARUM NINGSIH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-24


Ningsih, Diah Arum. 2023. Meningkatkan Aktivitas, Motivasi dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Muatan IPA Menggunakan Model GEMA pada Kelas IVA SDN Kelayan Selatan 10. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Diani Ayu Pratiwi, M. Pd.

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Motivasi, Berpikir Kritis, GEMA

Permasalahan peneliti adalah rendahnya aktivitas siswa, motivasi belajar, dan keterampilan berpikir kritis siswa kelas IVA yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada muatan IPA. Hal ini disebabkan karena siswa hanya mencatat dan mendengarkan penjelasan guru saja, siswa mengantuk dan bermalas-malasan, model dan metode pembelajaran yang kurang tepat, dan hasil belajar yang masih di bawah KKM. Solusi dalam mengatasi permasalahan tersebut adalah melakukan pembelajaran menggunakan model GEMA (Problem Based Learning, Example non Example, dan Team Games Tournament). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, meningkatkan aktivitas siswa, motivasi belajar siswa, keterampilan berpikir kritis siswa, dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IVA SDN Kelayan Selatan 10 Banjarmasin tahun pelajaran 2022/2023 sebanyak 27 orang, 14 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari observasi aktivitas guru, siswa, motivasi, dan keterampilan berpikir kritis. Data kuantitatif diperoleh dari pengukuran tes tertulis secara individu berupa angket motivasi, lembar kerja peserta didik, dan evaluasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif dan digambarkan dalam bentuk tabel, grafik dan interpretasi dengan persentase.

Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari kriteria “baik” menjadi kriteria “sangat baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari kriteria “kurang aktif” menjadi kriteria "sangat aktif”. Motivasi belajar siswa pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari kriteria “kurang tinggi” menjadi kriteria “sangat tinggi”. Keterampilan berpikir kritis siswa pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari kriteria “kurang terampil” menjadi kriteria “sangat terampil”. Sehingga hal ini berdampak pada hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa pada pertemuan 1 sampai 4 terjadi peningkatan secara signifikan.e

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran menggunakan model GEMA (Problem Based Learning, Example non Example, dan Tam Games Tournament) dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, motivasi belajar siswa, dan keterampilan berpikir kritis siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI