DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Manajemen Pelayanan Transportasi Angkutan Umum Bus Rapid Transit (BRT) Banjarbakula Yang Ramah Terhadap Penyandang Disabilitas Di Provinsi Kalimantan Selatan
PENGARANG:NUR QOMARU LAILIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-24


ABSTRAK

 Nur Qomaru Lailiah 19100413220014, 2023. “Manajemen Pelayanan Transportasi Angkutan Umum Bus Rapid Transit (BRT) Banjarbakula Bagi Penyandang Disabilitas di Provinsi Kalimantan Selatan”. Pembimbing Safa Muzdalifah.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen pelayanan transportasi angkutan umum Bus Rapid Transit (BRT) Banjarbakula bagi penyandang disabilitas oleh Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Selatan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan teknik kepustakaan kepada setiap informan yang dianggap berpotensi memberikan keterangan mengenai manajemen pelayanan transportasi angkutan umum Bus Rapid Transit (BRT) Banjarbakula bagi penyandang disabilitas di Provinsi Kalimantan Selatan.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses manajemen pelayanan transportasi angkutan umum Bus Rapid Transit (BRT) Banjarbakula bagi penyandang disabilitas di Provinsi Kalimantan Selatan belum dilaksanakan dengan baik. Sistem Pelayanan publik yang diberikan belum terlaksana dengan baik, proses perencanaan pelayanan publik masih belum optimal belum ada konsenitas terhadap penyandang disabilitas, proses pelaksanaan publik belum bisa dikatakan optimal dikarenakan keterbatasan anggaran sehingga proses pelayanan kurang optimal karena fasilitas yang belum ramah terhadap penyandang disabilitas, pengkoordinasian pelayanan publik dilakukan dengan baik serta sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, proses pengawasan telah dilaksanakan secara optimal yakni mengawasi segala kegiatan agar yang telah dilaksanakan sesuai dengan perencanaan.

Saran kepada Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Selatan sebaiknya lebih memberikan sistem pelayanan yang baik agar seluruh masyarakat maupun penyandang disabilitas merasakan hak yang sama sebagai pengguna transportasi angkutan umum yang ada, sehingga tidak adanya pembedaan dan juga bisa menciptakan bus khusus yang ramah untuk penyandang disabilitas. Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Selatan juga mencarikan solusi yang tepat terkait perencanaan – perencanaan yang membutuhkan anggaran yang lebih banyak dalam penyediaan fasilitas – fasilitas sarana dan prasarana yang ramah untuk penyandang disabilitas dan apabila ada kendala dan cara agar dapat mengoptimalkan pelayanan untuk penyandang disabilitas

Kata Kunci : Manajemen Pelayanan, Bus Rapid Transit (BRT) Banjarbakula Penyandang Disabilitas

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI