DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ASRAMA HAJI EMBARKASI BANJARMASIN SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:MAHYUNA ATIKAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-24


ABSTRAK

Mahyuna Atikah. 2023. Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing I: Prof. Dr. Bambang Subiyakto, M.Hum dan Pembimbing II: Mahmudah Hasanah, M.Pd.

 

Belajar bukan hanya bisa di dalam kelas tetapi juga bisa di luar kelas, kepekaan terhadap interaksi-interaksi sosial yang ada pada wilayah/kota tempat tinggal. Kurangnya pengetahuan peserta didik terhadap materi lokal/interaksi yang ada dalam sebuah Lembaga ataupun instansi lokal. Oleh karena itu fungsi Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin sebagai sumber belajar IPS. Tujuan penelitian: 1) untuk mengetahui profil Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin, 2) untuk memahami Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin sebagai sumber belajar IPS.

Hasil penelitian ini mendeskripsikan bahwa Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin dapat dijadikan sebagai sumber belajar IPS yang memiliki fungsi diantaranya menyusun rencana proyek di berbagai bidang, penyelenggaraan oraganisasi, bantuan administrasi dan pengarahan haji, dll. Asrama Haji memiliki beberapa kegiatan, diantaranya pembinaan karyawan, manasik haji bersama, kegiatan pemberangkatan, pemulangan, serta penyambutan jamaah haji. Yang dimana setiap proses kegiatan pasti terdapat interaksi sosial di dalamnya, interaksi karyawan dengan karyawan, karyawan dengan kelompok jamaah haji, dan lain-lain.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka penulis menarik kesimpulan. Pembangunan Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di atas sebidang tanah milik pemerintah Kalimantan Selatan pada tanggal 21 November 1984. Sejak tahun 2017 Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin sudah mempunyai satu gedung akomodasi baru yang berdasarkan standar pemerintah yaitu setara dengan hotel berbintang 3, pengembangan pembangunan asrama haji masih berlanjut dan bertahap dari ketahun ketahun sampai sekarang.

Kesimpulan asrama Haji Embarkasi manapun pastinya memiliki kegiatan seperti pembinaan karyawan, peragaan manasik haji, kegiatan pemberangkatan, kegiatan pemulangan serta penyambutan jamaah. Asrama haji Embarkasi Banjarmasin juga melaksanakan kegiatan yang sama dan memberikan pelayanan sebaik mungkin. Pihak Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin juga setuju bahwa kegiatan yang dilaksanakan di asrama haji dapat dijadikan untuk topic belajar IPS yang dimasukkan dalam materi pembelajaran interaksi sosial dan lembaga sosial pada kelas VII.

Kata Kunci: Asrama Haji, Interaksi Sosial, Sumber Belajar IPS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI