DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS INOVASI ONE DAY SERVICE PADA KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN
PENGARANG:RIZKY AMELIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-24


Rizky Ameliani, 2023, Efektivitas Inovasi One Day Service Pada Kantor Pertanahan Kabupaten Hulu Sungai Selatan, dibimbing Oleh Budi Suryadi

 

 

 

          Inovasi One Day Service adalah inovasi yang melayani kegiatan layanan tanpa kuasa yaitu jenis layanan Roya (penghapusan hak tanggungan) dan Perubahan Hak Atas Tanah (Peningkatan status hak untuk rumah KPR (HGB ke HM)). Inovasi One Day Service merupakan reformasi birokrasi yang dilakukan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Hulu Sungai Selatan untuk memberikan jaminan kepastian hukum hak atas tanah dan juga untuk mempermudah pelayanan pada kantor pertanahan. Dimana pelayanan pada kantor pertanahan relatif lama dengan jangka waktu 5 hari kerja sekarang dapat ditempuh dalam 1 hari saja. Hal ini bertujuan untuk memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat.

 

          Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Efektivitas inovasi pelaksanan One Day Service pada Kantor Pertanahan Kabupaten Hulu Sungai Selatan. 2) Faktor-faktor yang menghambat inovasi pelaksanaan One Day Service pada Kantor Pertanahan Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

 

          Metode Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data berupa observasi partisipatif, wawancara mendalam (in-depth interview), dokumentasi dan arsip, dan alat-alat penunjang. Teknis analis data berupa pengumpulan data, kondensasi data (data kondensasi), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan/verifikasi data.

 

          Hasil penelitian menunjukkan bahwa Efektivitas Inovasi One Day Service Pada Kantor Pertanahan Kabupaten Hulu Sungai Selatan kurang efektif berdasarkan indikator yang digunakan peneliti yakni: 1) Ketepatan Sasaran Program; 2) Sosialisasi Program; 3) Tujuan Program; dan 4) Pemantauan Program. Adapun faktor yang menjadi penghambat adalah: 1) Kurangnya sosialisasi program; 2) Lemahnya pengawasan; dan 3) Minimnya SDM dan sarana prasarana. Saran untuk penelitian ini: 1) Melakukan sosialisasi mengenai layanan ODS dan manfaat yang diberikan seperti menampilkannya di sosial media kantor pertanahan, memajang banner tidak di Kantor Pertanahan, tapi juga di Mall Pelayanan Publik, Lembaga pemberi pinjaman atau Bank yang menjadi partnership sehingga program inovasi ini dapat dikenal masyarakat; 2)Melakukan rapat dan pertemuan rutin untuk mengevaluasi pelaksanaankegiatan; dan 3) Melakukan penataan SDM agar dapat melaksanakan beban kerja dengan baik dan terarah.

 

Kata kunci: Efektivitas, Inovasi, One Day Service, Kantor Pertanahan

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI