DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PRAKTIK PADA MUATAN IPS DI SDN 3 PALAM BANJARBARU
PENGARANG:PUTRI DAMAYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-24


Damayanti, Putri, 2023. Meningkatkan Minat dan Aktivitas Belajar Siswa Menggunakan Model PRAKTIK Pada Muatan IPS Di SDN 3 Palam Banjarbaru. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Pembimbing: Ari Hidayat, M.Pd.

Kata Kunci: Minat Belajar, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, PRAKTIK.

Permasalahan yang terjadi di kelas IV SDN 3 Palam Banjarbaru adalah siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran dan minat siswa sangat rendah dalam mengikuti sebuah pembelajaran. Pembelajaran juga hanya berpusat kepada guru yang membuat siswa cepat bosan dan kesulitan memahami materi yang disampaikan terutama pada muatan IPS. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model PRAKTIK yang merupakan kombinasi dari model Problem Based Learning, Round Robin dan Talking Stick dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 3 Palam Banjarbaru yang berjumlah 14 orang siswa terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan, pada semester 2 tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Data yang diambil merupakan data perolehan melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa kemudian menggunakan data kuantitatif untuk hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pertemuan 1 sampai pertemuan 4 meningkat. Pertemuan 1 mencapai 60% dengan kriteria cukup baik, pertemuan 2 mencapai 67% dengan kriteria cukup baik, pertemuan 3 mencapai 78% dengan kriteria baik dan pertemuan 4 mencapai 95% dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pertemuan 1 mencapai 29% dengan kriteria cukup aktif, pertemuan 2 mencapai 29% dengan kriteria cukup aktif, pertemuan 3 mencapai 43% dengan kriteria cukup aktif dan pertemuan 4 mencapai 86% dengan kriteria sangat aktif. Hasil belajar siswa pertemuan 1 mencapai 57%, pertemuan 2 mencapai 50%, pertemuan 3 mencapai 64% dan pertemuan 4 mencapai 100%.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model PRAKTIK dapat meningkatkan minat, aktivitas dan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi kepala sekolah, guru, siswa dan peneliti lain dalam menggunakan model pembelajaran dapat meningkatkan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI