DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Penerapan Aturan Asosiasi dalam Memprediksi Data dengan Metode Algoritma Apriori (Studi Kasus: Penjualan Pupuk Organik pada CV. TAMT)
PENGARANG:RIDHO RAHMAN SHODIQO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-24


Dalam era teknologi informasi yang semakin maju, CV. TAMT, perusahaan penjual pupuk organik mengalami masalah dalam strategi pemasaran, digunakan metode algoritma apriori yang dapat membuat rancangan strategi pemasaran yang tepat. Dengan mengimplementasikan metode algoritma apriori pada prediksi penjualan dapat membuat strategi pemasaran yang tepat. Data penjualan pupuk organik CV. TAMT selama satu tahun dapat dianalisis dengan proses berupa data selection, data cleaning, dan transformation untuk mengubah data menjadi bentuk tabular. Data kemudian dihitung dengan persentase support dan confidence serta dianalisis menggunakan aturan association rule untuk menemukan pola dalam data penjualan. Untuk memperkuat hasil analisis digunakan metode analisis moving average (MA)untuk menganalisis stok barang. Diperoleh hasil Moving Avarage (MA) terbaik dengan menggunakan length sebesar 14 dan nilai Moving Avarage Percenrage Error (MAPE) terendah masing-masing item. kesimpulannya bahwa untuk menghasilkan strategi pemasaran perlu melakukan kombinasi antar jenis pupuk kompos prisai mas, pupuk kotoran sapi, dan pupuk kotoran ayam. Hal ini didasrkan pada informasi bahwa ketiga produk tersebut saling mempengaruhi dengan nilai support dan confidence yang tinggi.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI