DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PROPIT SEBAGAI INOVASI MODEL PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MUATAN PEMBELAJARAN IPS KELAS 4 SDN TELUK DALAM 11 BANJARMASIN
PENGARANG:AMELIANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-24


Amelianti. 2023. Propit Sebagai Inovasi Model Pembelajaran Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar, Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Pada Tema Cita–Citaku Kelas IV SDN Teluk Dalam 11 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. Mahmuddin, M.Pd

 

Kata Kunci :  PROPIT, Aktivitas Siswa, Keterampilan Berpikir Kritis

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas siswa dan keterampilan berpikir kritis. Mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada muatan IPS. Hal ini disebapkan berbagai faktor seperti pembelajaran masih bersifat satu arah, aktivitas pebelajaran kurang menekankan pada keterampilan berpikir kritis dalam mengidentifikasi baik dari segi konsep maupun pemecahan masalah yang berkaitan dengan penyelesaian persoalan-persoalan IPS. Salah satu upaya meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis yaitu melalui penggunaan model pembelajaran PROPIT di kelas 4 SDN Teluk Dalam 11 Banjarmasin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas guru, siswa, keterampilan berpikir kritis, dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Teluk Dalam 11 Banjarmasin tahun pelajaran 2022/2023 sebanyak  7 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari observasi aktivitas guru, siswa, angket keterampilan berpikir kritis. Data kuantitatif diperoleh dari teknik pengukuran tes tertulis secara individu.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I sampai IV meningkat dari skor 23 menjadi skor 28. Aktivitas siswa pada pertemuan I sampai IV meningkat dari 57,2% menjadi 100%. Keterampilan Berpikir Kritis pada pertemuan I sampai IV meningkat dari 42,9% sampai 85,8%. Sehingga berdampak pada hasil belajar aspek kognitif dari 57,2% hingga 100%. Hasil belajar afektif pada pertemuan 1 sampai 4 terjadi peningkatan dari 42,9% hingga 100%. Hasil belajar psikomotorik pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 57,2% menjadi 100% secara klasikal.

 Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model PROPIT dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis serta hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI