DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI BANGUN RUANG MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PROBLEM SOLVING DAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER DI KELAS 5 SDN 3 SUNGAI DANAU TANAH BUMBU
PENGARANG:YUNI RAHMALIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-24


ABSTRAK

 

Rahmaliana, Yuni. 2023. “Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Bangun Ruang Menggunakan Kombinasi Model Problem Solving dan Model Numbered Head Together di Kelas 5 SDN 3 Sungai Danau Tanah Bumbu”. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. Mahmuddin, M.Pd.

 

Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Model ProblemSolving(PS) dan Numbered Head Together (NHT).

 

Pembelajaran matematika bertujuan untuk meningkatkan kemampuan intelektual, kemampuan menyelesaikan masalah, hasil belajar tinggi, melatih berkomunikasi, dan mengembangkan karakter siswa. Tetapi pada kenyataan pembelajaran matematika, khususnya di kelas V SDN Sungai Danau Tanah Bumbu memiliki masalah seperti aktivitas siswa rendah, hasil belajar siswa rendah dan kerjasama siswa dalam berkelompok yang kurang. Oleh karena itu salah satu upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar yaitu melalui Model ProblemSolving(PS) dan Numbered Head Together (NHT). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk menganalisis hasil belajar siswa.

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Sungai Danau Tanah Bumbu Tahun Pelajaran 2022/2023, jumlah siswa sebanyak 29 orang. Data dihasilkan observasi dan wawancara, kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif dan digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik. Selanjutnya diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masig indikator keberhasilan aktivitas guru dan siswa, serta tercapainya ketuntasan belajar siswa secara individual dan klasikal.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada setiap pertemuan selalu meningkat, mendapatkan kriteria “Baik menjadi “Sangat Baik”. Aktivitas siswa mengalami peningkatan pada dari kriteria “Kurang Aktif” dan meningkat menjadi kriteria “Sangat Aktif”. Hasil belajar kognitif siswa juga mengalami peningkatan dari tidak tuntas kemudian mencapai indikator ketuntasan.

 

Berdasarkan hasil temuan ini dapat disimpulkan bahwa Model ProblemSolving(PS) dan Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai bahan pertimbangan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI