DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN KEPEMIMPINAN INSTRUKSIONAL KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI BERPRESTASI, DAN KEPUASAN KERJA DENGAN KINERJA GURU SEKOLAH DASAR SE KECAMATAN TELAGA LANGSAT KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN
PENGARANG:YUHIA PUTRI SALMAINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-24


 

Putri Salmaini, Yuhia. 2023. Hubungan Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah, Motivasi Berprestasi, dan Kepuasan Kerja dengan Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Se Kecamatan Telaga Langsat Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Program Magister Administrasi Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.Pembimbing I: Prof. Dr. H. Wahyu, MS. Pembimbing II: Dr. Suhaimi, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci: Kepemimpinan Instruksional, Motivasi Berprestasu, Kepuasan, KinerjaGuru

 

Kinerja guru pada dasarnya adalah kemampuan dan usaha guru untuk melaksanakan tugas pembelajaran sebaik-baiknya dalam perencanaan program pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan secara langsung dan tidak langsung antara kepemimpinan instruksional kepala sekolah, motivasi berprestasi dan kepuasan kerja dengan kinerja guru di SDN Kecamatan Telaga Langsat.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif korelasionaldengan pendekatan kuantitatifyang diformulakan ke dalam model analisis jalur (path analysis). Populasi penelitian sebanyak 172 guru dari 18 SDN yang berada di KecamatanTelaga Langsat dan diambil 120 responden sebagai sampel penelitian menggunakan rumus alokasi proporsional. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner dan analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan analisis jalur (path analysis).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai koefisien regresi variabel adalah angka positif seperti kepemimpinan instruksional kepala sekolah (X1) dan kinerja guru (Y) sebesar 0,374, kepemimpinan instruksional kepala sekolah (X1) dan kepuasan kerja (Z) sebesar 0,329, motivasi berprestasi (X2) dan kinerja guru (Y) sebesar 0,428, motivasi berprestasi (X2) dan kepuasan kerja (Z) sebesar 0,228, kepuasan kerja (Z) dan kinerja guru (Y) sebesar 0,166, kepemimpinan instruksional kepala sekolah (X1) dan kinerja guru (Y) melalui kepuasan kerja (Z) sebesar 0,055 dan motivasi berprestasi (X2) dan kinerja guru (Y) melalui kepuasan kerja (Z) sebesar 0,038.

.Kesimpulan penelitian ini adalah deskripsi kepemimpinan instruksional kepala sekolah, motivasi berprestasi, kepuasan kerja dan kinerja guru SDN Kecamatan Telaga Langsat termasuk dalam kategori tinggi. Terdapat hubungan langsung yang signifikan antara kepemimpinan instruksional kepala sekolah, motivasi berprestasi dan kepuasan kerja dengan kinerja guru. Terdapat hubungan tidak langsung antara kepemimpinan instruksional kepala sekolah dan motivasi berprestasi dengan kinerja guru melalui kepuasan kerja di SDN Kecamatan Telaga Langsat. Saran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Hulu Sungai Selatan memanfaatkan hasil penelitian ini untuk melakukan dasar kebijakan strategis di masa mendatang perihal kinerja guru, bagi kepala sekolah lebih meningkatkan pengawasan dan pembinaan terhadap guru dalam usaha meningkatkan kinerja dan bagi guru untuk lebih perlu adanya peningkatan dalam hal kreatifitas dan inovasi dan memiliki strategi dan metode penilaian  untuk memantau kemajuan dan hasil belajar peserta didik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI