DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KARAKTER DEMOKRATIS PADA MUATAN PPKN MENGGUNAKAN MODEL BATOPI DIKELAS 5 SDN KUIN SELATAN 1 BANJARMASIN
PENGARANG:NORLENI HIDAYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-24


Permasalahan penelitian adalah rendahnya aktivitas siswa dan karakter demokratis yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada muatan PPKn. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang kurang mampu melibatkan keaktifan siswa. Solusi yang dilakukan yakni melalui penggunaan model pembelajaran BATOPI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas guru, peningkatan aktivitas siswa, karakterdemokratis dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas 5 SDN Kuin Selatan 1 Banjarmasin tahun pelajaran 2022/2023 sebanyak 16 orang dengan rendahnya hasil belajar sebesar 63%. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan karakter demokratis. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil belajar siswa

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan1 sampai 4 memperoleh kriteria “sangat baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari skor 33% menjadi skor 88% dengan kriteria “sangat aktif”. Karakter Demokratis pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari skor 31% menjadi 81% dengan kriteria “sangat baik”. Sehingga hal ini berdampak pada hasil belajar afektif, kognitif, dan psikomotorik siswa pertemuan 1 sampai 4 terjadi peningkatan secara klasikal.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa muatan pembelajaran PPKN menggunakan model BATOPI dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, karakter demokratis serta hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa dan karakter demokratis yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI