DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, MOTIVASI, DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN MODEL LEADER PADA MUATAN IPA DI KELAS V A SDN SUNGAI MIAI 11 BANJARMASIN
PENGARANG:DENTAWANA BR SILABAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-24


Dentawana, Silaban. 2023. Meningkatkan Aktivitas, Motivasi, Berpikir Kritis, dan
Hasil Belajar Muatan IPA dengan Model Pembelajaran
LEADER Pada
Siswa Kelas V SD Negeri Sungai Miai 11 Banjarmasin. Skripsi
Program S1 Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Dosen
Pembimbing
Dr. Noorhapizah,. ST.,M.Pd.
Kata Kunci: Aktivitas, Motivasi, Berpikir Kritis, dan Hasil Belajar Model Leader

Permasalahan dalam penelitian ini adalah; 1) Rendahnya rasa ingin tahu siswa;
2) Kurangnya keterampilan proses IPA dan membuat keputusan; 3) Pembelajaran
Bersifat Konvesional; dan 4) Pembelajaran belum berpusat pada siswa. Sehingga
berdampak pada rendahnya Aktivitas Siswa, Motivasi Belajar, Keterampilan
Berpikir Kritis, dan Hasil Belajar IPA pada siswa kelas V A SDN Sungai Miai 11
Banjarmasin. Untuk itu dilakukan perbaikan dengan menggunakan model
LEADER
yang merupakan kombinasi model Problem Based Learning, Mind Mapping, dan
Truth Or Dare dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
menganalisis aktivitas, motivasi, berpikir kritis, dan hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V A
SDN Sungai Miai 11 Banjarmasin, yang berjumlah 20 orang siswa, pada semester II
tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan data kualitatif dan kuantitatif.
Pengambilan data kualitatif diperoleh melalui hasil observasi aktivitas guru, akivitas
siswa, angket motivasi belajar, dan observasi keterampilan berpikir kritis. Sedangkan
data kuantitatif melalui presentase klasikal motivasi belajar, aktivitas siswa, berpikir
kritis, dan hasil belajar siswa yang diperoleh dari tes secara kelompok dan individu.
Analisis data ialah deskritif menggunakan data tabel dan grafik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 sampai
4 memperoleh kriteria “sangat baik”. Siswa yang memperoleh kriteria sangat aktif
pada aspek aktivitas siswa pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 25% menjadi
100%. Siswa yang memperoleh kriteria sangat tinggi pada aspek motivasi pada
pertemuan 1 sampai pertemuan 4 dari 25% menjadi 100%. Siswa yang memperoleh
kriteria sangat terampil pada aspek berpikir kritis pada pertemuan 1 sampai
pertemuan 4 dari 25% menjadi 90%. Sehingga hal ini berdampak pada hasil belajar
siswa, kognitif pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 25% menjadi 85%, untuk
akfektif pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 25% menjadi 90%. Sedangkan
untuk psikomotorik pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 25% menjadi 90%.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model
LEADER dapat terlaksana dan siswa dapat mengikuti sesuai dengan proses
pembelajaran sehingga meningkatkan aktivitas, motivasi, berpikir kritis, dan hasil
belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa. Adapun saran bagi guru, kepala
sekolah, dan peneliti lain adalah agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi
dalam menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas,
motivasi, berpikir kritis, dan hasil belajar IPA siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI