DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL DARI PROBLEM BASED LEARNING (PBL), STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA KELAS V SDN SUNGAI GAMPA ASAHI RANTAU BADAUH
PENGARANG:SITI AISYAH ISMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-24


Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Hal tersebut disebabkanpembelajaran kurang menarik dan bermakna, pembelajaran masih berpusat pada guru, dan siswa kurang terbiasa belajar kelompok. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaranModel Problem Based Learning (PBL), Studend Team Achievement Division (STAD) Dan Team Games Tournament (TGT) dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis peningkatan aktivitas siswa, dan hasil belajar. Pendekatan kualitatif dan kuantitatif. PTK dilaksanakan dalam 3 pertemuan, kelas V SDN Sungai Gampa Asahi Rantau Badauh, 20 siswa tahun 2022/2023. Teknik analisis data kualitatif lembar observasi aktivitas guru, dan aktivitas siswa sedangkan data kuantitatif mengukur hasil belajar. Hasil menunjukkan aktivitas guru mendapatkan 93%. Aktivitas siswa mendapatkan 100%. Hasil belajar kognitif mendapatkan 100%, afektif mendapatkan 100% dan psikomotorik mendapatkan 100%. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan model Problem Based Learning (PBL), Studend Team Achievement Division (STAD) Dan Team Games Tournament (TGT).dapat meningkatkan dan hasil belajar. Disarankan model ini dijadikan alternatif meningkatkan aktivitas dan hasil belajar.

Kata Kunci    : Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Model Problem Based Learning (PBL), Studend Team Achievement Division (STAD) Dan Team Games Tournament (TGT).

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI