DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengembangan Media Pembelajaran Iklan Berbasis "powtoon" dalam Minat Belajar Siswa Kelas VIII-G SMPN 2 Banjarmasin
PENGARANG:PRIYA RAHMA DELLA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-24


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia materi iklan. Siswa masih kesulitan memahami materi iklan dan merasa materi iklan tidak menarik. Untuk mengatasi hal tersebut, peneliti melakukan pengembangan media pembelajaran yang bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan dan kelayakan media pembelajaran iklan berbasis powtoon dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, materi iklan. Serta serta untuk mengetahui pengaruh terhadap peningkatan minat belajar siswa kelas VIII-G SMPN 2 Banjarmasin.

 Jenis penelitian ini merupakan jenis pengembangan (R&D), dengan model pengembangan 4D. Tahapan pada model ini, yaitu pendefinisian (define), perencanaan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (dissemination). Peneliti melakukan pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti ialah analisis kuantitatif deskriptif dengan skala likert dan Uji N-Gain. Hasil penelitian yang didapatkan dan berhasil dikembangkan dengan model 4D yaitu dengan luaran berupa tautan URL. Berdasarkan uji validasi kelayakan materi mendapatan skor 82,72% dengan kategori “Sangat Layak”. Sementara dari hasil validasi ahli media mendapatkan skor 75,38% dengan kategori “Layak”. Sedangkan penilaian uji tes awal (pretest) mendapat skor 51,03% dan hasil uji sesudah test (posttest) mendapat skor 74,43% dan uji N-Gain mendapat 0,7 yang masuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penelitian pengembangan ini sangat layak dari segi materi pembelajarannya dan layak dari segi media dan dapat digunakan sebagai media ajar dalam proses pembelajaran serta dapat meningkatkan minat belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI