DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MUATAN IPA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PBL, TALKING STICK, DAN TGT PADA SISWA SD KELAS V
PENGARANG:NOR LAILIYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-25


Nor Lailiyah, 2023 “Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dalam dalam IPA Menggunakan Kombinasi Model PBL, Talking Stick, dan TGT pada Siswa SD Kelas V”. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing : Drs. Asrani, M.Pd

Kata Kunci : Aktivitas, Hasil Belajar, PBL, Talking Stick, dan TGT.

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas V SDN Aluh-Aluh Besar 2 Kabupaten Banjar pada tema Lingkungan Sahabat Kita. Hal ini dikarenakan saat pembelajaran siswa kurang aktif, belum banyak terlibat langsung dalam pembelajaran dan pembelajaran kurang menyenangkan. Untuk itu, digunakan kombinasi model pembelajaran PBL, Talking Stick, dan TGT dengan tujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan rancangan 3 kali pertemuan. Setting penelitian dilaksanakan di kelas V SDN Aluh-Aluh Besar 2 Kabupaten Banjar pada semester II tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa sebanyak 9 orang yang terdiri dari 4 orang siswa laki-laki dan 5 orang siswa perempuan. Data diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, kemudian data ini menggunakan kuantitatif untuk hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Teknik deskriptif analisis dan cross tabulasi dijabarkan dengan tabel, grafik dan interprestasi dengan presentaase.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1, mencapai kriteria baik, pertemuan 2 mencapai kriteria sangat baik, dan pertemuan 3 mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 mencapai kriteria kurang aktif, pertemuan 2 mencapai kriteria aktif, dan pertemuan 3 mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada perrtemuan 1 mencapai 33%, pertemuan 2 mencapai 89%, dan pertemuan 3 mencapai 100%.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan, pembelajaran menggunakan kombinasi model Problem Based Learning, Talking Stick, dan Teams Games Tournament dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, serta hasil belajar siswa. Adapun saran bagi guru, kepala sekolah, dan peneliti lain agar dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran dan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI