DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, KETERAMPILAN BERPRIKIR KRITIS, KREATIF, DAN HASIL BELAJAR DALAM MUATAN IPS MENGGUNAKAN MODEL PINTAR PESERTA DIDIK KELAS V SDN BERANGAS TIMUR 2 KABUPATEN BATOLA
PENGARANG:MOHAMMAD FATHAM AKBAR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-25


Akbar, M. F. (2023). Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan Berprikir Kritis, Kreatif dan Hasil Belajar dalam Muatan IPS Menggunakan Model Pintar Peserta Didik Kelas V Sdn Berangas Timur 2 Kabupaten Batola . Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: Fathul Jannah, M.Pd.

 

Kata Kunci:Aktivitas, Keterampilan Berpikir Kritis, Keterampilan Berpikir Kreatif, Hasil Belajar, Model Pintar.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, keterampilan berpikir kritis, kreatif dan hasil belajar siswa pada muatan IPS. Hal tersebut disebabkan oleh pembelajaran masih satu arah,kurang adanya inovasi dalam pembelajaran, pembelajaran monoton dan tidak menggunakan model-model pembelajaran. Upaya mengatasi permasalahan tersebut ialah dengan menerapkan model pembelajaran PINTAR. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas peserta didik, keterampilan berpikir kritis, keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar peserta didik.

 Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Berangas Timur 2 yang berjumlah 11 orang peserta didik, pada semester II tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas peserta didik, keterampilan berpikir kritis, dan keterampilan berpikir kreatif, kemudian menggunakan data kuantitatif untuk hasil belajar peserta didik yang diperoleh melalui tes tertulis. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dijabarkan dengan tabel, grafik, dan interpretasi dengan persentase.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahawa aktivitas pendidik meningkat disetiap pertemuan hingga mencapai indikator keberhasilan mencapai skor 32 dengan kriteria “Sangat Baik” pada pertemuan 4. Aktivitas peserta didik meningkat disetiap pertemuan hingga mencapai skor 100% dengan kriteria “Sangat Aktif” pada pertemuan 4. Keterampilan berpikir kritis peserta didik meningkat disetiap pertemuan hingga mencapai skor 91% dengan kriteria “Sangat Terampil” pada pertemuan 4. Keterampilan berpikir kreatif peserta didik meningkat disetiap pertemuan hingga mencapai skor 82% dengan kriteria “Sangat Terampil” pada pertemuan 4. Hasil belajar peserta didik meningkat disetiap pertemuan hingga mencapai skor 82% mencapai ketuntasan secara klasikal pada pertemuan 4.

Kesimpulan hasil penelitian ini adalah dengan menggunakan model PINTAR dapat meningkatkan aktivitas, keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif, dan hasil belajar peserta didik. Adapun saran bagi kepala sekolah, pendidik dan peneliti lain adalah penelitian ini dapat dijadikan referensi dalam model pembelajaran penerapan yang dapat meningkatkan aktivitas, keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif, dan hasil belajar pada peserta didik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI