DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENDEKATAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT PICTURE REVIEW DALAM HASIL BELAJAR MATERI BANGUN DATAR PERSEGI PANJANG KELAS 4 SDN 5 GUNTUNG MANGGIS BANJARBARU
PENGARANG:ISTIKAMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-25


ABSTRAK

 

Istikamah. 2023. Pendekatan Model Pembelajaran Project Picture Review dalam     

Hasil Belajar Materi Bangun Datar Persegi Panjang Kelas 4 SDN 5 Guntung Manggis Banjarbaru.Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Darmiyati, S.Pd., M.Pd 

 

Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Bangun Datar, Project Based Learning, 

Writing Picture, Course Review Horay

 

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu peserta didik masih mengalami kesulitan dalam memahami materi pembelajaran materi persegi panjang, peserta didik kurang berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran, komunikasi antar peserta didik maupun juga dengan pendidik masih kurang, dan peserta didik kurang mampu untuk menyelesaikan soal yang berbentuk suatu masalah. Hal tersebutmengakibatkan rendahnya aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Oleh karenaitu, upaya yang dilakukan untuk pendekatan aktivitas dan hasil belajar pesert didik dalam proses pembelajaran menggunakan model Project Based Learning,writing Picture dan Course Review Horay. Tujuan penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan aktivitas pendidik, menganalisis aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada materi bangun datar di kelas 4 SDN 5 Guntung manggis Banjarbaru. 

Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Setting penelitian dilakukan di SDN 5 Guntung Manggis Banjarbaru pada peserta didik kelas 4 dengan jumlah peserta didik 20 orang tahun ajaran 2022/2023. Jenis data pada penelitian ini yaitu data

kualitatif yang diperoleh dari hasil observasi aktivitas pendidik dan aktivitas peserta didik pada proses pembelajaran, serta data kuantitatif berupa hasil belajar

peserta didik yang diperoleh melalui tes tertulis. Analisis data dihitung berdasarkan dari skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang telah ditetapkan. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas pendidik pada pertemuan keempat mencapai kriteria Sangat Baik. Aktivitas peserta didik pertemuan keempat mencapaikriteria Sangat Aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar peserta didik pada pertemuan keempat telah mencapai ketuntasan klasikal. Berdasarkan hasil temuan ini dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning, Writing Picture, dan Course Review Horay dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika materi bangun datar peserta didik kelas 4 SDN 5 Guntung Manggis Banjarbaru. Saran yang dikemukakan peneliti yaitu penggunaan model tersebut dapat menjadi alternatif pendidik untuk memperbaiki proses pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI