DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH MOTIVASI BERWIRAUSAHA DAN LOKASI USAHA TERHADAP KEBERHASILAN USAHA PADA KEDAI KOPI DI KECAMATAN BANJARMASIN UTARA KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:DENY RAZY GHAZZALY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-25


ABSTRAK

 

Ghazzaly, Deny Razy  (2023). Pengaruh Motivasi Berwirausaha dan Lokasi Usaha terhadap Keberhasilan Usaha pada Kedai Kopi Di Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin.  Pembimbing: Akhmad Supriyanto.

Keberhasilan usaha merupakan tujuan utama dari sebuah usaha dimana segala aktivitas di dalamnya ditujukan agar tercapainya keberhasilan. Pada penelitian ini, keberhasilan usaha merupakan gambaran dari keberlangsungan usaha yang lebih baik daripada sebelumnya. Keberhasilan usaha pada penelitian terfokus pada pemilik kedai kopi di Kecamatan Banjarmasin Utara. Penelitian ini dilakukan untuk (1) mengetahui dan menganalisis pengaruh motivasi berwirausaha terhadap keberhasilan usaha pada Kedai Kopi di Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin, (2) mengetahui dan menganalisis pengaruh lokasi usaha terhadap keberhasilan usaha pada Kedai Kopi di Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin.

Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan metode kuantitatif untuk mengetahui pengaruh antara variabel motivasi berwirausaha dengan keberhasilan usaha, dan variabel lokasi usaha dengan keberhasilan usaha. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 30 orang dan terfokus pada pemilik kedai kopi di Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin. Pemilihan sampel menggunakan teori Roscoe, dimana jumlah sampel adalah 30responden.

Data yang telah dikumpulkan melalui kuesioner dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil analisis tersebut menunjukkan hasil sebagai berikut: (1) motivasi berwirausaha berpengaruh signifikan terhadap keberhasilan usaha pada kedai kopi, artinya jika pemilik kedai kopi memiliki motivasi berwirausaha yang tinggi maka keberhasilan usaha juga akan tinggi, begitupun sebaliknya, dan (2) lokasi usaha berpengaruh signifikan terhadap keberhasilan usaha pada kedai kopi di Kecamatan Banjarmasin Utara kota Banjarmasin, artinya jika pemilik kedai kopi memiliki lokasi usaha yang bagus maka keberhasilan usaha juga akan tinggi, begitupun sebaliknya.

Kata kunci : Motivasi Berwirausaha, Lokasi Usaha, Keberhasilan Usaha

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI