DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMAKER PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI FABEL UNTUK SISWA KELAS VII DI SMPN 25 BANJARMASIN
PENGARANG:ANTONIUS BENY SETYAWAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-25


ABSTRAK

 

Antonius Beny Setyawan, NIM. 1610130210002. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animaker pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Fabel Untuk Siswa Kelas VII di SMPN 25 Banjarmasin. Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing I: Monry Fraick Nicky Gilian, Pembimbing II: Agus Hadi Utama.

 

 

 

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan mengetahui kelayakan media pembelajaran video animaker pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi fabel untuk siswa kelas VII SMP Negeri 25 Banjarmasin. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian dan pengembangan atau Research And Development (R&D). Model pengembangan yang menjadi acuan pada penelitian ini adalah model Borg and Gall yang meliputi tahap pengumpulan data, tahap perencanaan, tahap pengembangan draft produk, tahap validasi produk, tahap merevisi hasil uji coba produk,tahap uji coba lapangan, dan tahap revisi produk.Hasil uji validasi ahli media media pembelajaran video animaker pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi fabel untuk siswa kelas VII SMP Negeri 25 Banjarmasin mendapatkan rerata skor sebesar 4.8 dengan koefisien 95 % maka kriteria kelayakan termasuk dalam kriteria “sangat layak” sedangkan hasil uji validasi ahli materi mendapatkan rerata skor sebesar 4.6 dengan koefisien 92,5% maka kriteria kelayakan termasuk dalam kriteria “sangat layak”. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video animaker dinyatakan “sangat layak” untuk digunakan.

 

 

 

Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Video Pembelajaran, Bahasa Indonesia, Fabel

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI