DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENDEKATAN RULE OF REASON DALAM DUGAAN PRAKTIK DISKRIMINASI OLEH PT GARUDA INDONESIA
PENGARANG:Noor Aulia Absari
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-25


Noor Aulia Absari. Juni 2023. PENDEKATAN RULE OF REASON DALAM DUGAAN PRAKTIK DISKRIMINASI OLEH PT GARUDA INDONESIA. Skripsi, Program Sarjana Program Studi Hukum Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat, 52 Halaman. Pembimbing Utama: Dr. Rachmadi Usman, S.H., M.H., dan Pembimbing Pendamping: Tavinayati, S.H., M.H.

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa bagaimana kegiatan PT Garuda Indonesia yang menyebabkan praktik diskriminasi dan untuk mengetahui dan menganalisa bagaimana penerapan pendekatan rule of reason dalam praktik diskriminasi pada pemilihan mitra penjualan tiket umrah yang dilakukan oleh PT Garuda Indonesia. Penelitian hukum ini merupakan penelitian hukum normatif yang bersifat preskriptif dengan mengkaji peraturan yang terkait dengan praktik diskriminasi.

Menurut hasil dari penelitian skripsi ini menunjukkan bahwa: Pertama, dalam mengidentifikasi praktik diskriminasi yang melanggar persaingan usaha yang sehat, kegiatan PT Garuda Indonesia yang menunjuk keenam PPIU sebagai wholesaler (i) tanpa melalui proses penunjukan yang dilakukan secara terbuka dan transparan, (ii) tidak didasarkannya pada persyaratan dan pertimbangan yang jelas dan terukur, serta (iii) adanya inkonsistensi dalam rasionalitas penunjukan wholesaler, membuktikan kegiatan PT Garuda Indonesia dalam program wholesaler menyebabkan adanya praktik diskriminasi terhadap setidaknya 302 PPIU dalam mendapatkan akses dalam hal pembukuan atau pembelian tiket umrah. Kedua, penerapan rule of reason dalam praktik diskriminasi oleh PT Garuda Indonesia selain menentukan akibat atau dampak dari kegiatan tersebut, penerapan ini juga menggunakan analisis ekonomi seperti pasar bersangkutan dan konsentrasi pasar.

Kata Kunci (keyword): Praktik Diskriminasi, Rule of Reason, PT Garuda Indonesia

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI