DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DALAM MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-10 MENGGUNAKAN PERMAINAN ENGKLEK MELALUI KOMBINASI MODEL IMPROVE PADA ANAK KELOMPOK A TK MUSLIMAT NU BANJARMASIN | |
PENGARANG | : | NOOR ANNISA ALIANA | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2023-08-25 |
Aliana,NoorAnnisa.2022.PerkembanganKognitifAnakUsiaDinidalamMengenalLambangBilangan1-10MenggunakanPermainanEngklekMelalui Kombinasi Model IMPROVEpada Anak Kelompok A Tk MuslimatNUBanjarmasin.SkripsiProgram S1PendidikanGuruPendidikanAnakUsia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas LambungMangkuratBanjarmasin.PembimbingFaqihatuddiniyah,S.Pd., M.Pd
KataKunci:Kognitif, MengenalAngka,Improve, MediaPermainanEngklek.
Permasalahandalampenelitianiniadalahpadaperkembanganaspekkognitif anak pada kelompok A dalam mengenal lambang bilangan 1-10 dimanaditemukannyaanakyangkurangdalammengenalangka.Tentusajajikahaltersebut dibiarkanakanmemlikidampakdikemudianharibagi anak.Adapunpenyebabdaripermasalahanyangditemukanyaituakibatdarimediapembelajaran yang digunakan kurang menarik minat anak dalam belajar sehinggaanak kurang dalam memperhatikan pembelajaran pada saat kegiatan berlangsung.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikaniaktivitasguru,anakdanmenganalisis hasil perkembangan aspek kognitif anak khusunya dalam mengenallambangbilangan 1-10.
PendekatanpenelitianinimenggunakankualitatifdanjenisPenelitianTindakan Kelas (PTK), dilaksanakan 2 siklus dengan 3 kali pertemuan. SettingpenelitianpadaanakkelompokAdiTKMuslimatNUBanjarmasinyangberjumlah10oranganak(5laki-lakidan5perempuan).Instrumentpenelitianyang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan anak yang diambilpada berlangsungnya proses kegiatan pembelajaran. Teknik pengumpulan datamenggunakan observasi dan dokumentasi serta penilaian aspek perkembangankognitif.
Hasilmenunjukkanbahwaaktivitasgurumemperolehkriteria“sangatbaik”, Aktivitas anak mencapai peningkatan dengan memperoleh kriteria “sangataktif”, dan hasil perkembangan kemampuan aspek kognitif menunjukkan anakmemperolehkroteria “berkembang sangat baik(BSB)”.
Berdasarkandatayangdiperoleh,dapatdisimpulkanbahwamodelImprovedanmediaPermainanEngklekdalammengembangkanaspekkemampuan kognitif anak dalam mengenal lambang bilangan 1-10 kelompok ATK Muslimat NU Banjarmasin dapat diekmbangkan secara optimal dan hipotesisdapatditerima.Saranbagigurudankepalasekolahsertapenelitiselanjutnyasemogapenelitianinibisamenjadibahanreferensiataumasukandalammengembangkanaspekkemampuanengklekmaupunaspekkemampuanlainnya.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI