DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DALAM MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-10 MENGGUNAKAN PERMAINAN ENGKLEK MELALUI KOMBINASI MODEL IMPROVE PADA ANAK KELOMPOK A TK MUSLIMAT NU BANJARMASIN
PENGARANG:NOOR ANNISA ALIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-25


Aliana,NoorAnnisa.2022.PerkembanganKognitifAnakUsiaDinidalamMengenalLambangBilangan1-10MenggunakanPermainanEngklekMelalui Kombinasi Model IMPROVEpada Anak Kelompok A Tk MuslimatNUBanjarmasin.SkripsiProgram S1PendidikanGuruPendidikanAnakUsia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas LambungMangkuratBanjarmasin.PembimbingFaqihatuddiniyah,S.Pd., M.Pd

KataKunci:Kognitif, MengenalAngka,Improve, MediaPermainanEngklek.

 

Permasalahandalampenelitianiniadalahpadaperkembanganaspekkognitif anak pada kelompok A dalam mengenal lambang bilangan 1-10 dimanaditemukannyaanakyangkurangdalammengenalangka.Tentusajajikahaltersebut dibiarkanakanmemlikidampakdikemudianharibagi anak.Adapunpenyebabdaripermasalahanyangditemukanyaituakibatdarimediapembelajaran yang digunakan kurang menarik minat anak dalam belajar sehinggaanak kurang dalam memperhatikan pembelajaran pada saat kegiatan berlangsung.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikaniaktivitasguru,anakdanmenganalisis hasil perkembangan aspek kognitif anak khusunya dalam mengenallambangbilangan 1-10.

PendekatanpenelitianinimenggunakankualitatifdanjenisPenelitianTindakan Kelas (PTK), dilaksanakan 2 siklus dengan 3 kali pertemuan. SettingpenelitianpadaanakkelompokAdiTKMuslimatNUBanjarmasinyangberjumlah10oranganak(5laki-lakidan5perempuan).Instrumentpenelitianyang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan anak yang diambilpada berlangsungnya proses kegiatan pembelajaran. Teknik pengumpulan datamenggunakan observasi dan dokumentasi serta penilaian aspek perkembangankognitif.

Hasilmenunjukkanbahwaaktivitasgurumemperolehkriteria“sangatbaik”, Aktivitas anak mencapai peningkatan dengan memperoleh kriteria “sangataktif”, dan hasil perkembangan kemampuan aspek kognitif menunjukkan anakmemperolehkroteria “berkembang sangat baik(BSB)”.

Berdasarkandatayangdiperoleh,dapatdisimpulkanbahwamodelImprovedanmediaPermainanEngklekdalammengembangkanaspekkemampuan kognitif anak dalam mengenal lambang bilangan 1-10 kelompok ATK Muslimat NU Banjarmasin dapat diekmbangkan secara optimal dan hipotesisdapatditerima.Saranbagigurudankepalasekolahsertapenelitiselanjutnyasemogapenelitianinibisamenjadibahanreferensiataumasukandalammengembangkanaspekkemampuanengklekmaupunaspekkemampuanlainnya.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI