DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN IPS MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING, GROUP INVESTIGATION, DAN NUMBERED HEAD TOGETHER DI KELAS VA SDN KERATON 1 MARTAPURA
PENGARANG:MUHAMMAD FAKHRIZAN IKHSAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-25


ABSTRAK            

Ikhsan, Muhammad Fakhrizan. 2023. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Muatan IPS Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning, Group Investigation, Dan Numbered Head Together Di  Kelas VA SDN Keraton 1 Martapura. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Tika Puspita Widya Rini, M.Pd.

 

Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Problem Based lerning, Group Investigation, dan Numbered Head Together

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VA SDN Keraton 1 Martapura terhadap muatan IPS. Masalah dalam penelitian ini adalah Siswa kurang kurang memahami materi pembelajaran, rendahnya kemampuan berkomunikasi siswa, tingkat kepercayaan diri yang masing kurang dan kurangnya kemampuan untuk bekerjasama dalam kelompok. Upaya yang dilakukan adalah dengan menggunakan kombinasi model Problem Based lerning, Group Investigation, dan Numbered Head Together.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama empat pertemuan. Setting penelitian dilakukan di SDNKeraton 1 Martapura pada siswa kelas VA dengan jumlah siswa 24 orang tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian dilakukan pada muatan IPS Tema Lingkungan Sahabat Kita. Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif berupa observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran serta data kuantitatif berupa hasil belajar siswa diperoleh melalui tes individu. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar klasikal yang telah ditetapkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi model Problem Based lerning, Group Investigation, dan Numbered Head Together pada pertemuan IV menunjukkan bahwa aktivitas guru memperoleh skor 31 dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa memperoleh skor 91,67% dengan kategori sangat aktif. hasil belajar siswa diperoleh melalui tes individu dengan ketuntasan mencapai 100%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan kombinasi Problem Based lerning, Group Investigation, dan Numbered Head Together dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada muatan IPS. Disarankan kepada guru untuk menggunakan kombinasi model Problem Based lerning, Group Investigation, dan Numbered Head Together dalam menciptakan kegiatan belajar mengajar yang dapat meningkatkan interaksi dan keterlibatan siswa pada kegiatan pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI