DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN MOTIVASI, AKTIVITAS KEMAMPUAN ANAK DALAM MENGURUTKAN GERAKAN IBADAH BERWUDHU MENGGUNAKAN MODEL RINDU KELOMPOK A TK KASIH IBU BARITO KUALA
PENGARANG:IRMA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-25


Irma, 2023 “Mengembangkan Motivasi, Aktivitas Kemampuan Anak Dalam Mengurutkan Gerakan Ibadah Berwudhu Model Rindu Untuk Kelompok A Tk Kasih Ibu. Skripsi program PG-PAUD FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, dosen pembimbing Dr. Hj. Asniwati, S.Pd., M.Pd.

Kata kunci :  NAM, Mengurutkan gerakan ibadah berwudhu, model direct intruction, media video visual, model picture and picture.

Permasalahan  dalam penelitian ini yaitu rendahnya motivasi anak dalam mengikuti kegiatan pembelajaran rendahnya hasil perkembangan NAM dalam mengurutkan gerakan ibadah berwudhu, penyebab dari permasalahan ini yaitu kurangnnya motivasi anak dalam mengikuti pembelajaran, dan kurangnya pengetahuan anak tentang urutan-urutan gerakan berwudhu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis peningkatan aktivitas anak, motivasi belajar, hasil perkembangan anak dalam mengurutkan gerakan ibadah berwudhu. 

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini di lakukan selama 3 kali pertemuan. Setting penelitian ini di lakukan pada anak kelompok A  TK Kasih Ibu dengan jumlah 15 orang anak yang terdiri dari 9 laki-laki, dan 6 anak perempuan. Data di peroleh dari lembar observasi aktivitas guru, aktivitas anak, motivasi belajar, dan hasil pengembagan NAM. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah jika aktivitas guru memenuhi kriteria sangat baik, aktivitas anak memenuhi kriteria sangat baik, motivasi belajar memenuhi kriteria sangat termotivasi, dan hasil pengembangan NAM mendapatkan skor 4 dengan kriteria berkembang sangat baik (BSB).

Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mendapatkan kriteria “Baik”, pertemuan II mendapat kriteria “sangat baik”, pertemuan III mendapat kriteria “sangat baik”. Aktivitas anak pertemuan I mendapat kriteria “cukup aktif” pertemuan II mendapat kriteria “aktif” pertemuan III mendapat kriteria “sangat aktif”motivasi belajr pertemuan I mendapat kriteria “cukup termotivasi” pertemuan II mendapat kriteria “termotivasi” petemuan III mendapat kriteria “sangat termotivasi” hasil perkembangan NAM pertemuan I mendapat kriteria “mulai berkembang” pertemuan II mendapat kriteria “berkembang sesuai harapan” pertemuan III mendapat kriteria “berkembang sangat baik”

            Berdasarkan hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa aktivitas guru menggunakan Model RINDU dapat meningkatkan, aktivitas anak, motivasi belajar, dan hasil perkembangan NAM. Disarankan agar guru dapat mengembangkan pembelajaran yang inovatif seperti model pembelajarann pada penelitian ini sehingga dapat meningkatkan kemmapuan anak dalam mengurutkan gerakan ibadah berwudhu.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI