DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENYAJIAN TARI TIRIK LALAN DI SANGGAR SENI NUANSA BANJARMASIN
PENGARANG:YUNITA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-25


ABSTRAK

 

Yunita. 2023: Penyajian Tari Tirik Lalan di Sanggar Seni Nuansa. Skripsi, Program Studi Pendidikan Seni Pertujukan, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Pembimbing Dr. Tutung Nurdiyana, S.Sos., M.A., M.Pd dan Najamudin, M.Pd

 

Merupakan sebuah penelitan yang berbasis reset, terhadap pelestarian kebudayaan, sebagai analis tentang bentuk dan persfektif yang berkembang baik dalam wujud visual maupun non-visual yaitu wujud bentuk atau pemaknaan dalam sebauh kesenian, yang menjadi sebuah subtansi nilai terhadap bangunan kekaryaan seni. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana wujud dari bentuk penyajian tari tirik lalan di sanggar seni nuansa. Baik dalam segi sejarah, bentuk, komposisi, dan makna. Penelitian ini dikaji dengan menggunakan metode penelitian kualitatif atau mendeskripsikan secara detail terhadap tindakan yang dilakukan dalam proses penelitian. Serta penerapan konsep cipta menggunakan teori pendekatan cipta dalam buku “kreasi artistik” untuk menganalisa penelitian yang berorientasi pada kajian tekstual dan kontekstual ini sebagai pendekatan pokok bentuk karya yang menjadi hasil dalam penelitan.

Hasil penelitian yang berjudul: penyajian tari tirik Lalan di Sanggar Seni Nuansa: penyajian tari , penyajian tari dengan kontek kultural, dan unsur pendukung ritual seperti, tata rias dan busana,ragam serta bentuk makna dalam tarian tersebut.

Kata kunci : Tari. Tirik Lalan. Bentuk Penyajian

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI