DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPROVING A LIFE CYCLE BUDGETING PADA PT AIR MINUM INTAN BANJAR (PERSERODA): TRADE-OFF BETWEEN BUSINESS AND POLITICS
PENGARANG:ASMARANING MUNTIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-25


Asmaraning Muntiana,(2023). Improving A Life Cycle Budgeting PadaPT Air Minum Intan Banjar (Perseroda):Trade-Off Between Business And Politics. Pembimbing I: Muhammad Hudaya, SE, MM, Ph.D, CSRA. Pembimbing II: Dra. Rasidah, M. Si, Ak,CA.

 

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Membandingkan akurasi trend linear model, quadratic trend model, exponential trend model, dan autoregressive model dalam memproyeksikan pendapatan dan beban pada PT Air Minum Intan Banjar (Perseroda); (2) Menganalisis implementasi model proyeksi terbaik dalam meramalkan pendapatan dan beban pada PT Air Minum Intan Banjar (Perseroda) dalam jangka waktu 5 (lima) tahun ke depan; (3)Menentukan model life cycle budgeting yang sesuai untuk diterapkan pada PT Air Minum Intan Banjar (Perseroda).

 

Penelitian ini termasuk dalam lingkup penelitian akuntansi manajemen dengan desain penelitian studi kasus. Metode yang digunakan yaitu metode campuran (mixed method). Unit analisis dalam penelitian ini ialah PT Air Minum Intan Banjar (Perseroda) sebagai suatu organisasi. Penelitian ini menggunakan data sekunder (secondary data) yang diperoleh dari laporan keuangan PT Air Minum Intan Banjar (Perseroda) periode 2005-2020 yang telah diaudit dan data primer (primary data) yang merupakan hasil wawancara dengan beberapa informan. Teknik analisis data dalam penelitian ini dibagi ke dalam 2 (dua) tahap yaitu tahap pengumpulan dan analisis data kuantitatif menggunakan software SPSS dengan fitur analisa data time series dimana hasil analisis akan digunakan untuk merencanakan tahap kedua, yakni tahap kualitatif.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwamodel proyeksi tren kuadratik merupakan model proyeksi terbaik untuk meramalkan pendapatan dan beban PT Air Minum Intan Banjar (Perseroda)jangka waktu 5 (lima) tahun kedepan karena memiliki tingkat keakuratan tertinggi dengan SSE, MAD, dan MAPE terendah. Nilai Kinerja keuangan yang dicapai oleh perseroda tidak hanya ditentukan oleh pengelolaan Internal, tetapi juga dipengaruhi oleh faktor ekternal yaitu kepentingan politik dalam proses penetapan/penyesuaian tarif air.

 

 

 

Kata Kunci:   Life Cycle Budgeting, Business, Politics

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI