DIGITAL LIBRARY



JUDUL:DAMPAK PROSES PEMBELAJARAN PJOK SECARA DARING TAHUN AJARAN 2020/2021 PADA JENJANG SMP DAN SMA DI KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH
PENGARANG:REZKY ALMUHAJIR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-26


Rezky Almuhajir. 2022. Dampak Proses Pembelajaran PJOK Secara Daring Tahun Ajaran 2020/2021 Pada Jenjang SMP dan SMA di Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Skripsi, Prodi. Pendidikan Jasmani, Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (I) Dr. Rahmadi, S.Pd, M. Pd. (II) Dr. Tri Irianto, M. Kes, AIFO.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis dampak positif dan negatif dari adanya COVID-19 dalam implementasi pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan pada jenjang SMP dan SMA di Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Metode penelitian menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei dan instrumen berbentuk kuesioner. Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan sampel Guru PJOK dan Siswa yang berada di Kabupaten Hulu Sungai Tengah jenjang SMP dan SMA. Teknik Sampling yang digunakan untuk menetukan banyaknya sampel dari populasi yaitu quota sampling yang merupakan teknik untuk menentukan sampel dari populasi yang mempunyai ciri-ciri tertentu sampai jumlah (kuota) yang diinginkan. Sehingga didapat jumlah sampel sebanyak 12 orang guru dan sampel siswa sebanyak 504 orang siswa. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa dampak covid-19 dalam proses pembelajaran daring jenjang SMP dan SMA di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, dampak positif bagi guru yaitu meliputi indikator: Meaplikasikan teknologi/mutimedia Secara efektif, Melihat keterbatasan: Jangkauan internet, Melihat sarana dan prasarana, Menganalisi tingkat kejenuhan siswa. Sedangkan dampak positif bagi siswa meliputi indikator: Meaplikasikan teknologi/mutimedia secara efektif, Pembiayaan yang digunakan selama proses pembelajaran daring, Menganalisis kinerja guru dalam proses pembelajaran, Evaluasi pembelajaran, menganalisis tingkat pemahaman siswa, Menganalisi tingkat kejenuhan siswa. Sedangkan dampak negatif bagi guru yaitu meliputi indikator: Pembiayaan yang digunakan selama proses pembelajaran daring, Menganalisis kinerja guru dalam proses pembelajaran, Menganalisis tingkat pemahaman siswa, Menganalisis motivasi belajar siswa. Dampak negatif bagi siswa meliputi indikator: : Melihat keterbatasan jangkauan internet, Menganalisis motivasi belajar siswa, Menganalisis Aktivitas siswa, Melihat sarana dan prasarana. Selain indikator yang memiliki dampak positif atau negatif maka dampak implementasi proses pembelajaran PJOK secara daring selama covid-19 pada jenjang SMP dan SMA Di Kabupaten Hulu Sungai Tengah memilik dampak yang seimbang.

Kata Kunci: Proses Pembelajaran Daring, Covid-19, Dampak Positif, Dampak Negatif

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI