DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Hasil belajar PPKn Pada Materi Keragaman Suku Bangsa dan Agama Di Negeriku Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning, Talking Stick, dan Mind Mapping Pada siswa kelas Iv SDN Gambut 8 Kabupaten Banjar
PENGARANG:SYIFA NOOR RAHMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-28


Permasalahan yang terdapat pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas 

dan hasil belajar siswa pada pembelajaran ppkn. Hal ini dikarenakan siswa masih 

kurang dalam berpikir secara kritis, rasional, dan kreatif; masih kurangnya 

keaktifan dan berpartisipasi serta bertanggung jawab; kurangnya sikap positif dan 

kegiatan demokratis; kurangnya berinteraksi antar sesame teman lain. Hal tersebut 

menyebabkan kurangnya komunikasi antar guru dan siswa, kegiatan yang 

monoton dan membosankan, serta guru hanya melakukan pembelajaran dengan 

metode ceramah saja, kurangnya kerjasama dan pasif saat berdiskusi; dan 

kurangnya keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Upaya 

mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan model pembelajaran 

Problem Based Learning, Talking Stick, dan Mind Mapping.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perbaikan kualitas 

aktivitas guru, aktivitas siswa, dan peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini 

menggunakan 2 macam pendekatan yaitu pendekatan kualitatif dan pendekatan 

kuantitatif. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan selama 4 kali 

pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari 12 orang siswa laki – laki dan 6 orang 

siswa perempuan. Penelitian dilakukan di SDN Gambut 8, pada semester II tahun 

ajaran 2022/2023. Data yang diperoleh melalui observasi, angket aktivitas guru, 

aktivitas siswa dan hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara 

individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif yang 

dijabarkan dengan menggunakan tabel, grafik dan persentase. 

Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa aktivitas guru telah mencapai 

94% dengan kategori sangat baik, aktivitas siswa telah mencapai 89% dengan 

kategori sangat aktif, hasil belajar kognitif telah mencapai 94% dengan kategori 

sangat aktif, hasil belajar afektif telah mencapai 94%% dengan kategori dan hasil 

belajar psikomotorik telah mencapai 94% dengan kriteria sangat aktif.

Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penggunaan model pembelajaran 

Problem Based Learning, Talking Stick dan Mind Mapping dapat meningkatkan 

kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI