DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | Meningkatkan Hasil belajar PPKn Pada Materi Keragaman Suku Bangsa dan Agama Di Negeriku Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning, Talking Stick, dan Mind Mapping Pada siswa kelas Iv SDN Gambut 8 Kabupaten Banjar | |
PENGARANG | : | SYIFA NOOR RAHMAH | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2023-08-28 |
Permasalahan yang terdapat pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas
dan hasil belajar siswa pada pembelajaran ppkn. Hal ini dikarenakan siswa masih
kurang dalam berpikir secara kritis, rasional, dan kreatif; masih kurangnya
keaktifan dan berpartisipasi serta bertanggung jawab; kurangnya sikap positif dan
kegiatan demokratis; kurangnya berinteraksi antar sesame teman lain. Hal tersebut
menyebabkan kurangnya komunikasi antar guru dan siswa, kegiatan yang
monoton dan membosankan, serta guru hanya melakukan pembelajaran dengan
metode ceramah saja, kurangnya kerjasama dan pasif saat berdiskusi; dan
kurangnya keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Upaya
mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan model pembelajaran
Problem Based Learning, Talking Stick, dan Mind Mapping.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perbaikan kualitas
aktivitas guru, aktivitas siswa, dan peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini
menggunakan 2 macam pendekatan yaitu pendekatan kualitatif dan pendekatan
kuantitatif. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan selama 4 kali
pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari 12 orang siswa laki – laki dan 6 orang
siswa perempuan. Penelitian dilakukan di SDN Gambut 8, pada semester II tahun
ajaran 2022/2023. Data yang diperoleh melalui observasi, angket aktivitas guru,
aktivitas siswa dan hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara
individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif yang
dijabarkan dengan menggunakan tabel, grafik dan persentase.
Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa aktivitas guru telah mencapai
94% dengan kategori sangat baik, aktivitas siswa telah mencapai 89% dengan
kategori sangat aktif, hasil belajar kognitif telah mencapai 94% dengan kategori
sangat aktif, hasil belajar afektif telah mencapai 94%% dengan kategori dan hasil
belajar psikomotorik telah mencapai 94% dengan kriteria sangat aktif.
Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penggunaan model pembelajaran
Problem Based Learning, Talking Stick dan Mind Mapping dapat meningkatkan
kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI