DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI MENYAJIKAN DATA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING, TEAMS GAMES TOURNAMENT DAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS VB SDN ALALAK TENGAH 4 BANJARMASIN
PENGARANG:SITI BULKIS
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-28


ABSTRAK

Bulkis, Siti. 2023. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Materi Menyajikan Data Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning, Teams Games Tournament dan Make a Match Pada Siswa Kelas VB SDN Alalak Tengah 4 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Pembimbing Drs. H. Khairil Anwar, M.Pd

 

Kata Kunci: Aktivitas Guru, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar

 

Permasalahan yang terjadi pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika siswa materi menyajikan data. Hal ini disebabkan karena siswa kurang terlibat aktif dalam pembelajaran, kurangnya pemahaman konsep, tidak mendorong siswa untuk berpikir kritis dan aktif serta penggunaan model dan metode yang membosankan. Hal tersebut menyebabkan siswa kesulitan dalam memahami materi, kesulitan melakukan penalaran, tidak berkembangnya kemampuan memecahkan masalah, kurangnya kemampuan dalam mengomunikasikan gagasan dan tidak bersemangat dalam belajar matematika. Upaya mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan kombinasi model Problem Based Learning, Teams Games Tournament dan Make a Match. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis perbaikan aktivitas guru, aktivitas siswa dan peningkatan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan 2 macam pendekatan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan (PTK) terdiri dari 2 siklus. Setting penelitian ini adalah siswa kelas VB SDN Alalak Tengah 4 tahun 2022/2023 dengan jumlah siswa sebanyak 21 orang. Aktivitas guru dan siswa diperoleh dari lembar observasi. Hasil belajar siswa didapat dari tes tertulis. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik deskriptif yang dijabarkan dengan tabel, grafik dan persentase.

Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa aktivitas guru telah mencapai 100% dengan kriteria sangat baik, aktivitas siswa telah mencapai 90% dengan kriteria sangat aktif, hasil belajar kognitif telah mencapai 100% dengan kriteria tuntas, hasil belajar afektif telah mencapai 100% dengan kriteria sangat baik dan hasil belajar psikomotorik telah mencapai 95% dengan kriteria sangat baik.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan kombinasi model Problem Based Learning, Teams Games Tournament dan Make a Match maka aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Sehingga model tersebut direkomendasikan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI