DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING KOMBINASI PENDEKATAN TPACK BERBASIS MEDIA VIDEO PADA MUATAN IPA SISWA KELAS 5 SDN KUIN SELATAN 1 BANJARMASIN
PENGARANG:IRMAYANTI WURYANINGSIH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-28


Permasalahan dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa. Ini disebabkan karena proses pembelajaran kurang keaktifan, kefokusan dan minat peserta didik serta pembelajaran berjalan satu arah. Untuk mengatasi permasalahan dengan Kombinasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Kombinasi pendekatan TPACK berbasis Media Video. Penelitian bertujuan mengetahui aktivitas pendidik dan peserta didik yang berdampak pada hasil belajar peserta didik.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah kelas V SDN Kuin Selatan 1 Banjarmasin tahun pelajaran 2022/2023 berjumlah 16 orang. Jenis data adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari obervasi aktivitas pendidik dan peserta didik. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran tes tertulis secara individu. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan aktivitas pendidik pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 21 hingga 27 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas peserta didik pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 38% hingga 100% dengan kriteria sangat aktif. Sehingga mempengaruhi meningkatnya hasil belajar peserta didik pertemuan 1 sampai 4

Dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar peserta didik pada Tema 6 Panas dan Perpindahannya menggunakan kombinasi model pembelajaran Problem Based Learning, Kombinasi Pendekatan TPACK berbasis media video di SDN Kuin Selatan 1 meningkat dan hipotesis dapat diterima. Disarankan bagi pendidik sebagai pertimbangan dalam mengembangkan inovasi pembelajaran, peserta didik dapat memperbaiki gaya belajar, kepala sekolah sebagai masukan pembinaan pendidik dan peneliti selanjutnya untuk bahan referensi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI