DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL SEBAB AKIBAT MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN METODE EKSPERIMEN SAINS DI KELOMPOK B TK ISLAM AL QUDWAH KOTABARU
PENGARANG:MISPI JULIANTI FATIMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-28


Fatimah, Mispi Julianti. 2023. Mengembangkan Kemampuan Mengenal Sebab Akibat Menggunakan Model Project Based Learning Dengan Metode Eksperimen Sains Di Kelompok B TK Islam Al Qudwah Kotabaru. Skripsi Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Novitawati, S.Psi., M.Pd.

Kata Kunci :  Project Based Learning, Eksperimen Sains, Mengenal Sebab Akibat.

 

Permasalahan yang ditemukan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan anak dalam berpikir kritis mengnal sebab akibat, yang terjadi karena kegiatan belajar mengajar yang dilakukan tidak banyak membuat anak untuk berkesempatan mengenal sebab-akibat dilingkungan sekitarnya. Upaya pemecahan masalah yaitu dengan menggunakan model Project Based Learning dengan metode eksperimen. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan aktivitas guru, mendeskripsikan aktivitas anak dan menganalisis hasil perkembangan kognitif anak.

Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan selama 2 siklus dengan 4 pertemuan, serta sumber data yang diperoleh menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Subjek dari penelitian ini adalah anak didik kelompok B TK Islam Al Qudwah  dengan jumlah anak 10 orang. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil perkembangan kognitif anak. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan interpretasi menggunakan persentase dan kriteria. Indikator keberhasilan yaitu pada aktivitas guru memperoleh skor  ≥ 25 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas belajar anak mencapai skor ≥21secara individu dan secara klasikal ≥ 76% terlaksana dengan kriteria sebagian besar anak aktif . Serta hasil perkembangan kognitif anak secara individu tercapai interpretasi berkembang sesuai harapan (BSH) dan secara klasikal berkembang sangat baik (BSB).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas guru pada pertemuan 1 mendapatkan skor 21 dengan kriteria “Baik”, dan terus meningkat hingga  pertemuan 4 mendapat skor 27 dengan kriteria “Sangat Baik”. (2)Aktivitas anak secara klasikal pada pertemuan 1 mendapatkan persentase 0% kriteria “Kurang Aktif” dan terus mengalami peningkatan hingga 4 dengan persentase 100% dengan kriteria “Seluruh Anak Aktif”. (3) Hasil perkembangan anak secara klasikal pada pertemuan 1 20% dengan kategori belum berkembang (BB) dan terus mengalami peningkatan hingga pertemuan ke 4 mencapai 100% dengan kategori berkembang sangat baik (BSB).

Disimpulkan bahwa hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada anak kelompok B TK Islam Al Qudwah menunjukkan adanya peningkatan  keberhasilan karena sudah sesuai dengan indikator keberhasilan yang sudah ditetapkan yang dilakukan melalui kombinasi model Project Based Learning dan metode eksperimen sains  berhasil memperbaiki kualitas mengajar guru, aktivitas belajar anak dan dapat meningkatkan hasil perkembangan kognitif anak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI