DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IDENTIFIKASI GAYA HUMOR SISWA DI KELAS XI SMA NEGERI 2 UNGGULAN TANAH GROGOT
PENGARANG:MUHAMMAD FAHMI RAMADHANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-28


Muhammad Fahmi Ramadhani. 2023. Identifikasi Gaya Humor Siswa di Kelas XI SMA Negeri 2 Unggulan Tanah Grogot. Pembimbing: (I) Dr. Ali Rachman. M.Pd. (II) Dr. Sulistiyana S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci: Gaya humor

 

            Remaja dalam pergalaulan sehari-hari sering menggunakan humor untuk menunjukkan situasi keakraban, namun dalam humor terdapat berbagai macam gaya humor yang dapat dilakukan sesuai situasi dan kondisi. Ada empat macam gaya humor yaitu, Affiliative humor, Self-enhancing humor, Aggressive humor, dan Self-defeating humor. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi gaya humor siswa di kelas XI SMA Negeri 2 Unggulan Tanah Grogot.

 

            Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penelitian deskriptif. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket gaya humor dengan skala likert, dengan jumlah populasi 179 siswa. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini sampling jenuh dan menggunakan sampel sebanyak 179 siswa.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 70 (39%) siswa yang memiliki gaya humor affiliative, 1 (1%) siswa yang memiliki gaya humor self-enhancing, 9 (5%) siswa yang memiliki gaya humor aggressive, 5 (3%) yang memiliki gaya humor self-defeating. Selain itu, ada 94 (53%) siswa yang memiliki gaya humor kombinasi. Kesimpulan penelitian ini menyatakan bahwa gaya humor yang digunakan oleh siswa di kelas XI SMA Negeri 2 Unggulan Tanah Grogot dalam berinteraksi sangat beragam. Untuk penelitian selanjutnya, disarankan untuk dapat mengembangkan dengan variabel lain, misalnya dukungan sosial, kebahagiaan, dan kepuasan hidup.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI