DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN E-MODUL SOCIO SCIENTIFIC ISSUE PADA MATERI ASAM BASA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 5 BANJARMASIN
PENGARANG:MAHRITA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-29


Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan yang patut dimiliki peserta didik di abad 21, akan tetapi pembelajaran yang berlangsung di sekolah saat ini masih sedikit yang mendorong peserta didik dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Sehingga dikembangkan e-modul Socio Scientifict Issue untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi asam basa. Metode yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini ialah Research and Development menggunakan model pengembangan 4D. E-Modul yang dikembangkan diuji cobakan pada 28 peserta didik kelas XI B SMA Negeri 5 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket, lembar observasi, dan instrumen tes. Teknik analisis data yang dilakukan berupa analisis validitas, praktikalitas, dan efektifitas terhadap e-modul Socio Scientifict Issue. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa e-modul yang dikembangkan sangat valid dengan persentase skor validitas 90,75%, sangat praktis dengan persentase skor praktikalitas 91,36%, dan efektif dengan persentase skor efektifitas 80,47%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul Socio Scientifict Issue valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran kimia materi asam basa dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI