DIGITAL LIBRARY



JUDUL:INTEGRASI PENDEKATAN PCK (PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE) PADA E-MODUL LARUTAN PENYANGGA UNTUK MELATIH KETERAMPILAN GENERIK SAINS
PENGARANG:NUR AZIZATUL ULYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-29


Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan dan efektifitas produk berupa e-modul berintegrasi pedagogical content knowledge pada materi larutan penyangga yang dapat melatih keterampilan generik sains peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam pengembangan ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan yaitu ADDIE yang dilakukan dengan 5 langkah yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Subjek pada penelitian ini yaitu 5 orang validator dan peserta didik kelas XI NS EA Boys dan Girls SMA Global Islmaic Boarding School. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu instrument tes keterampilan generik sains, angket respon peserta didik, lembar observasi kemampuan guru menggunakan e-modul dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul berintegrasi PCK yang dikembangkan sangat valid. E-modul praktis digunakan dengan hasil angket respon peserta didik pada uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, uji lapangann masing-masing sebesar 80,8%, 81,6%, dan 78,08%, serta kemampuan guru menggunakan e-modul dan keterlaksanaan pembelajaran dikategorikan sangat baik dengan persentase masing-masing sebesar 90,98% dan 81,75%. E-modul juga efektif dengan nilai N-gain keterampilan generik sains yang termasuk dalam kategori sedang dan tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan e-modul berintegrasi PCK pada materi larutan penyangga dinyatakan layak, praktis dan efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan generik sains peserta didik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI