DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN PEMBELAJARAN IPA MATERI PENGARUH KALOR TERHADAP PERUBAHAN SUHU DAN WUJUD BENDA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL), TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI), MAKE A MACTH PADA SISWA KELAS 5 SDN KUIN UTARA 7 BANJARMASIN
PENGARANG:DINA EVI IRAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-30


Irawati, Dina Evi. 2023. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning, Team Asssisted Individualization, dan Make A Match Muatan Pembelajaran IPA Materi Pengaruh Kalor Terhadap Perubahan Suhu dan Wujud Benda Pada kelas V SDN Kuin Utara 7 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Drs. H. Khairil Anwar, M.Pd.

Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Kalor Terhadap Perubahan Suhu dan Wujud Benda, Kombinasi Model Problem Based Learning, Team Asssisted Individualization, dan Make a Match.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum terbentukknya sikap ilmiah siswa, siswa kurang memahami materi perubahan suhu,wujud benda dan kalor, penyajian pembelajaran, siswa pasif dan kurang antusias dan rendahnya hasil belajar pada siswa. Salah satu upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan kombinasi model Problem Based Learning, Team Assisted Individualization, dan Make a Match. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan untuk menganalisis hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang terdiri dari 2 siklus yang masing-masing 2x pertemuan yang dimana melalui tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan yang terakhir refleksi. Penelitian dilakukan pada empat kali pertemuan adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 semester genap SDN Kuin Utara 7 Banjarmasin tahun pelajaran 2023/2024 dengan jumlah siswa sebanyak 17 orang siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi model Problem Based Learning (PBL), Team Assisted Individualization (TAI), Make a Macth pada siklus 2 pertemuan ke 4 menunjukkan bahwa aktivitas guru memperoleh skor 35 persentase (95%) dengan  kriteria “Sangat Baik”, aktivitas siswa memperoleh skor 15 persentase (88%) dengan kriteria “Sangat Aktif dan aktif” dan pencapaian ketuntasan klasikal hasil belajar siswa 17 orang persentase (100%) dengan kriteria “Tuntas”.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Problem Based Learning, Team Assisted Individualization, dan Make A Match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada muatan IPA Tema Peristiwa Dalam Kehidupan materi Kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda  pada siswa kelas V SDN Kuin Utara 7 Banjarmasin dan hipotesis dapat diterima. Penggunaan model ini disarankan sabagai salah satu alternatif untuk meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak terhadap meningkatnya hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI