DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KOMPETENSI DAN KUALITAS KEHIDUPAN KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PEGAWAI NEGERI SIPIL DI DINAS PENDIDIKAN KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:MAILISA IRHAMNA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-30


Organisasi di seluruh dunia menghadapi tantangan dalam upaya mempertahankan dan meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja. Dalam konteks ini, penting bagi organisasi untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi komitmen pegawai terhadap organisasi sekaligus meningkatkan kualitas kehidupan kerja mereka. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh PNS yang bekerja di Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin yang berjumlah 86 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh atau sensus. Penelitian ini diukur dengan menggunakan analisis PLS-SEM.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) kompetensi tidak berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan kerja PNS di Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin; (2) kualitas kehidupan kerja berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan kerja PNS di Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin; (3) kompetensi berpengaruh positif signifikan terhadap komitmen organisasional PNS di Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin; (4) kualitas kehidupan kerja berpengaruh positif signifikan terhadap komitmen organisasional PNS di Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin; (5) kepuasan kerja tidak berpengaruh positif signifikan terhadap komitmen organisasional PNS di Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin; (6) kepuasan kerja tidak dapat memediasi kompetensi dan komitmen organisasional PNS di Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin; dan (7) kepuasan kerja tidak dapat memediasi kualitas kehidupan kerja dan komitmen organisasional PNS di Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin.

 


Kata kunci: kompetensi, kualitas kehidupan kerja, komitmen organisasional, kepuasan kerja

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI