DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN AKTIVITAS, BERPIKIR KRITIS DAN ASPEK KOGNITIF DALAM MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-10 MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL LEARNING TOGETHER, MAKE A MATCH DAN MEDIA POHON HITUNG PADA ANAK KELOMPOK A1 DI TK KARTIKA V-21 BANJARMASIN
PENGARANG:RINA RESTY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-30


ABSTRAK   

Resty, Rina. 2023. Mengembangkan Aktivitas, Bepikir Kritis, dan Aspek Kognitif                  

Dalam Mengenal Konsep Bilangan 1-10 Menggunakan Kombinasi Model Learning Together, Make a Match Dan Media Pohon Hitung pada Anak Kelompok A1 di TK Kartika V-21 Banjarmasin. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing : Celia Cinantya, S.Kom., M.Pd.

Kata Kunci      : Aktivitas, Berpikir Kritis, Mengenal Konsep Bilangan 1-10, Learning            Together, Make a Match, Media Pohon Hitung.

Permasalahan dalam peneltian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas, berpikir kritis dan hasil perkembangan aspek kognitif anak dalam hal mengenal konsep bilangan 1-10. Penyebab dari permasalahan yaitu pembelajaran yang kurang bermakna, hanya bersifat satu arah dan abstrak. Solusinya yaitu menggunakna kombinasi model Learning Together, Make a Match dan media pohon hitung. Tujuannya untuk mendiskripsikan aktivitas guru serta menganalisis aktivitas, berpikir kritis, dan hasil perkembangan kognitif anak dalam hal mengenal konsep bilangan 1-10.

Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 4 kali pertemuan, setting penelitian pada anak kelompok A1 di TK Kartika V-21 Banjarmasin yang berjumlah 8 orang anak (3 orang anak laki-laki dan 5 orang anak perempuan). Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara. Analisis data menggunakan anaslisis deskriptif dengan tabel dan grafik. Indikator keberhasilan aktivitas guru dikatakan berhasil apabila mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas anak secara klasikal dengan persentase 81% “hampir seluruh anak aktif”, berpikir kritis anak secara klasikal dengan persentase 81% “hampir seluruh anak berpikir kritis” dan hasil perkembangan minimal 81% anak berhasil berkembang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pertemuan ke-1 Aktivitas Guru mendapat skor 20 dengan kriteria “Baik”dan pada pertemuan ke-4 guru telah melaksanakan langkah-langkah model pembelajaran dengan kriteria “Sangat Baik” dan mendapat skor 24. Untuk Aktivitas, Berpikir Kritis, dan Aspek Kognitif dalam mengenal konsep bilangan 1-10 terus mengalami peningkatan persentase mulai dari pertemuan ke-1 hingga pertemuan ke-4 dan telah mencapai indikator keberhasilan.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru dalam pembelajaran menggunakan kombinasi model Learning Together, Make a Match dan Media Pohon Hitung telah melaksanakan sesuai langkah-langkah dan dapat memberikan peningkatan aktivitas, berpikir kritis dan hasil perkembangan kogntif anak dalam hal mengenal konsep bilangan 1-10. Disarankan bagi guru, kepala sekolah dan peneliti lainnya dapat menjadi salah satu alternatif dalam memilih model untuk memperbaiki hasil pembelajaran pada anak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI