DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP DAN LAMBANG BILANGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING, DIRECT INSTRUCTION DENGAN MEDIA ICE CREAM PINTAR PADA KELOMPOK A TK ISLAM MADINATURRAMLAH BANJARMASIN
PENGARANG:NOR HALIMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-30


Penelitianinidilatarbelakangipadarendahnyaaktivitasdanhasilperkembangankognitifanakdalamkemampuanmengenalkonsepdanlambangbilangan.Hal in disebabkan karena pembelajaran kurang bermakna, bersifat satuarah, kurang menarik dan bersifat abstrak. Upaya pemecahan masalah menggunakanmodel Problem Based Learning, Direct Instruction dengan Media Ice Cream Pintar.Penelitian ini dilakukan untuk mengoptimalkan aktivitas dan hasil perkembangankognitifdalam kemampuan mengenalkonsep danlambangbilangan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian PTK,yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak-anak Kelompok A TK Islam Madinaturramlah Banjarmasin yang berjumlah 15 orang.Teknik perolehan data yaitu dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi, dantes penialaian perkembangan anak yang dilakukan secara individu. Analisis data yangdilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif yang diajabarkan dengan tabulasi dangrafikdisajikan dengan indiatorkeberhasilanyangditetapkan.

HasilpenelitianmenunjukkanaktivitasgurupadapertemuanImencapaikriteria baik dan pertemuan II, III serta IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitasanak pada pertemuan I mencapai 53%, pertemuan II mencapai 67%, pertemuan IIImencapai86%danpertemuanIVmencapai93%.KetuntasanklasikalhasilperkembangankemampuanmengenalkonsepdanlambangbilanganpadapertemuanI mencapai 47%, pertemuan II mencapai 67%, pertemuan III mencapai 80% danpertemuan IVmencapai94%.

Berdasarkan hasil penelitian ini disampaikan bahwa melalui kombinasi modelProblem Based Learning, Direct Instructioon dengan Media Ice Cream Pintar dapatmeningkatkan aktivitas dan hasil perkembangan kemampuan anak dalam mengenalkonsep dan lambang bilangan. Disarankan bagi guru dapat dijadikan referensi dalammembuat model dan media pembelajaran. Bagi kepala sekolah dapat dijadikan bahanuntukmembinaguru-gurudanmeningkatkankualitaspembelajaran.Bagipenelitilain dapat dijadikan sebagai salah satu referensi dalam melaksanakan penelitian yanglebihmendalam.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI