DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PICTURE AND PICTURE, GROUP INVESTIGATION DAN NUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS V SDN 1 BAJUIN
PENGARANG:TAUFIK HIDAYAT
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-30


Taufik Hidayat (2022),Meningkatkan Aktivitas, Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Muatan Ilmu Pengetahuan Alam Menggunakan Model Pembelajaran Picture And Picture, Group Investigation Dan Number Head Together pada Siswa Kelas V SDN 1 Bajuin. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing Drs. Sulaiman, M.Pd., Ph.D

 

Kata Kunci: Aktivitas, Motivasi Belajar, Hasil Belajar IPA, Picture And Picture, Group Investigation Dan Number Head Together

 

Permasalahan pada penelitian ini yaitu rendahnya aktivitas, motivasi, dan hasil belajar ilmu pengetahuan alam disebabkan kurangnya keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, siswa kurang memahami konsep pembelajaran, dan kurang antusias. Pembelajaran belum menerapkan model interaktif, guru sebagai satu-satunya sumber belajar, kurang maksimalnya penggunaan media pembelajaran sehingga sangat verbal. Salah satu solusi pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture, group  investigation dan number head together. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, motivasi belajar dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Bajuin yang berjumlah 20 orang siswa terdiri dari 9 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan, pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan data kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 memperoleh skor 16 dengan kriteria sukup baik, pertemuan 2 memperoleh skor 25 dengan kriteria baik, pertemuan 3 memperoleh skor 30 dengan krteria sangat baik, dan pertemuan 4 memperoleh skor 32 dengan krteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 memperoleh persentase 25%, pertemuan 2 memperoleh persentase 77%, pertemuan 3 memperoleh persentase 100% dan pertemuan 4 memperoleh persentase 100%. Adapun untuk motivasi belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh persentase 57,29%, pertemuan 2 memperoleh persentase 76,67%, pertemuan 3 memperoleh persentase 86,25% dan pertemuan 4 memperoleh persentase 96,67%. Untuk ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh persentase 55%, pertemuan 2 memperoleh persentase 70%, pertemuan 3 memperoleh persentase 80% dan pertemuan 4 memperoleh persentase 100%.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Picture And Picture, Group Investigation dan Number Head Together dapat meningkatkan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa, motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI