DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM MENYEBUTKAN LAMBANG BILANGAN 1-20 MENGGUNAKAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION DAN TALKING STICK MELALUI MEDIA FLASHCARD TERMODIFIKASI PADA ANAK KELOMPOK B DI TK KASIH IBU BARITO KUALA
PENGARANG:NILA WATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-30


Penelitain ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil perkembangan kognitif anak dalam menyebutkan lambang bilangan 1-20. Hal ini disebabkan karena kurangnya penggunaan model pembelajaran, anak kurang mendapatkan latihan, kurangnya perhatian anak terhadap suatu kegiatan, dan kegiatan dn media yang digunakan kurang menarik. Upaya pemecahan masalah yang peneliti ambil yaitu menggunakan model Explicit Instruction, Talking Stick melalui media flashcard termodifikasi. Penelitian ini dilakukan untuk memaksimalkan hasil perkembangan kognitif anak dalam menyebutkan lambang bilangan 1-20.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas), yang dilaksanakan dengan dua siklus dan empat kali pertemuan. Subjek penelitian ini yaitu anak-anak kelompok B TK Kasih Ibu Barito Kuala yang berjumlah 15 orang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Teknik atau cara pengumpulan data yaitu dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif yang dijabarkan dengan tabulasi dan grafik disajikan dengan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan aktivitas guru pertemuan I mencapai kriteria Cukup baik, pada pertemuan II mencapai kriteria baik dan pada pertemuan III dan IV mencapai kriteria Sangat Baik. Aktivitas Anak pada pertemuan I mencapai 59,7%, pertemuann II mencapai 69,4%, pertemuan III mecapai 77% dan pertemuan 4 mencapai 90,8%. Ketuntasan klasikal hasil perkembangan kemampuan menyebutkan lambang bilangan 1-20 pada pertemuan I mencapai 20%, pertemuan II mencapai 53,3%, pertemuan III mencapai 66,67% dan pertemuan IV mencapai 93,33%.

Berdasarkan hasil penelitian ini disampaikan bahwa melalui kombinasi model Explicit Instruction, Talking Stick melalui media Flashcard Termodifikasi dapat meningkatkan hasil perkembangan kemampuan anak dalam menyebutkan lambang bilangan 1-20. Disarankan bagi kepala sekolah, guru dan peneliti lain agar dapat menjadi bahan masukan dan informasi untuk memilih model pembelajaran.  

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI