DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENINGKATAN PERKEMBANGAN KOGNITIF MELALUI MODEL PROBLEM, DEMONSTRATION, DIRECT MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA KELOMPOK B TK KENANGA BANJARMASIN
PENGARANG:SITTI SARAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-30


Permasalahan penelitian ini rendahnya kemampuan anak dalam aspek kognitif dalam memecahkan masalah sehari-hari dan berperilaku kreatif pada Kelompok B TK Kenanga Banjarmasin. Salah satu upaya meningkatkan aktivitas, dan hasil perkembangan yaitu melalui kombinasi Problem Based Learnig, Demonstration, Direct Instruction. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan untuk mengetahui hasil perkembangan anak.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah anak kelompok B TK Kenanga Banjarmasin, jumlah anak sebanyak 10 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif, melalui observasi aktivitas guru, aktivitas anak dan motivasi belajar anak data kuantitatif diperoleh melalui lembar kerja anak. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif yang dijabarkan dengan tabulasi dan grafik disajikan dengan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pertemuan I memperoleh skor 22 kriteria “cukup baik” pertemuan II memperoleh skor 28 mencapai kriteria “baik”, pertemuan III memperoleh skor 34 kriteria “sangat baik”. Aktivitas Anak pada pertemuan I dengan 40%, pertemuan II dengan 60%, pertemuan III dengan 100%. Hasil perkembangan kognitif anak pada pertemuan I 40%, pertemuan II mencapai 70%, pertemuan III 100%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Problem Based Learning, Demonstration, Direct Instruction, Metode Eksperimen dapat meningkatkan aktivitas, dan hasil perkembangan anak. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternative dalam meningkatkan aktivitas guru dan anak yang berdampak pada peningkatan hasil perkembangan anak. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI