DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN MOTIVASI, AKTIVITAS DAN ASPEK KOGNITIF DALAM MENGKLASIFIKASIKAN BENDA BERDASARKAN WARNA, BENTUK DAN UKURAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PROJECT BASED LEARNING, TALKING CHIPS DAN KARTU ARISAN PADA KELOMPOK B2 TK PERTIWI BERANGAS
PENGARANG:DITA NABILA ZAHRO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-30


Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi, aktivitas, dan hasil perkembangan aspek kognitif anak dalam hal mengklasifikasikan benda berdasarkan warna, bentuk dan ukuran. Upaya pemecahan masalah menggunakan kombinasi model project based learning, talking chips dan kartu arisan. Tujuan penelitian untuk menjelaskan kegiatan yang dilakukan oleh guru dan menganalisis motivasi, aktivitas dan hasil perkembangan kognitif anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 4 pertemuan, setting penelitian pada anak kelompok B2 di TK Pertiwi Berangas yang berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data yaitu observasi. Analisis data menggunakan analisis deskriftif menggunakan tabel dan grafik. Hasil pertemuan menunjukan bahwa pada pertemuan 4 aktivitas guru telah mencapai skor 35 dengan kategori sangat baik. Motivasi belajar anak secara klasikal mencapai 100% dengan kriteria seluruh anak termotivasi. Aktivitas anak secara klasikal mencapai 100% dengan kriteria seluruh anak aktif. Dan hasil perkembangan anak secara klasikal mencapai 100% dengan interpretasi Berkembang Sesuai Harapan. Disarankan bagi guru sebagai salah satu alternatif dalam pemilihan dan penggunaan model pembelajaran, bagi kepala sekolah sebagai salah satu alternatif dalam memberikan bimbingan dan arahan kepada guru, dan bagi peneliti selanjutnya untuk mengoptimalkan kegiatan pada langkah-langkah dan dapat memanajemen penggunaan waktu sehingga penelitian berjalan maksimal.

Kata Kunci : Motivasi, Aktivitas, Mengklasifikasikan Benda Berdasarkan Warna, Bentuk dan Ukuran, Project Based Learning, Talking Chips, dan Kartu Arisan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI