DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, DISIPLIN KERJA DAN MOTIVASI BERPRESTASI GURU TERHADAP KINERJA GURU PADA SMA NEGERI DI KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:YANTI AULIA FAISAL
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-30


ABSTRAK Faisal, Yanti Aulia. 2023. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Disiplin Kerja dan Motivasi Berprestasi Guru Terhadap Kinerja Guru pada SMA Negeri di Kota Banjarmasin. Tesis. Program Magister Administrasi Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing (1): Dr. Darmiyati, M.Pd; (2): Dr. H. Metroyadi, S.H., M.Pd Kata Kunci: Kepemimpinan Motivasi Berprestasi, Disiplin, Kinerja Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis: (1) kepemimpinan kepala sekolah, disiplin kerja dan motivasi berprestasi guru dan kinerja guru; (2) pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan disiplin kerja; (3) pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi berprestasi; (4) pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja; (5) pengaruh disiplin kerja dan kinerja; (6) pengaruh motivasi berprestasi dan kinerja; (7) pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja melalui disiplin kerja; (8) pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja melalui motivasi berprestasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif dan teknik korelasional untuk menguji hubungan antara variabel. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 237 orang guru. Instrumen pengumpulan data yaitu angket yang telah memenuhi syarat uji validitas dan reliabilitas. Uji prasyarat analisis dengan uji normalitas, uji linieritas dan uji autokorelasi. Analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kepemimpinan kepala sekolah, disiplin kerja dan motivasi berprestasi guru dan kinerja guru dalam kategori baik; (2) ada pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan disiplin kerja sebesar 0,652; (3) ada pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi berprestasi sebesar 0,470; (4) ada pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja sebesar 0,245; (5) ada pengaruh disiplin kerja dan kinerja sebesar 0,303; (6) ada pengaruh motivasi berprestasi dan kinerja sebesar 0,457; (7) ada pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja melalui disiplin kerja sebesar 0,197; (8) ada pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja melalui motivasi berprestasi sebesar 0,215. Saran dalam penelitian ini, kepada kepala sekolah agar dapat menjaga suasana sekolah agar tetap kondusif, berpartisipasi dan memprioritas pembelajaran, memberikan pujian/motivasi kepada guru agar dapat mempertahankan disiplin kerja dan motivasi kerja serta kinerja guru. Saran kepada guru terus meningkatkan disiplin dalam melayani masyarakat, kebutuhan kekuasaan, dan keterampilan penilaian.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI