DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Beban Kerja Terhadap Stress Kerja Pegawai Poliklinik dan Kefarmasian Rumah Sakit Umum Daerah H. Damanhuri Barabai Dengan Dukungan Sosial Sebagai Variabel Moderasi
PENGARANG:NORLIDYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-31


Norlidya (2023). Pengaruh Beban Kerja terhadap Stres Kerja Pegawai Poliklinik dan Kefarmasian Rumah Sakit Umum Daerah H. Damanhuri Barabai dengan Dukungan Sosial sebagai Variabel Moderasi

Pembimbing: Akhid Yulianto

 

Penelitian ini bertujuan untuk; (1) menguji dan menganalisis pengaruh beban kerja terhadap stres kerja; (2) menguji dan menganalisis apakah dukungan sosial memoderasi pengaruh beban kerja terhadap stres kerja.

Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dalam menguji keterkaitan antar variabel penelitian terhadap objek yang diteliti. Populasi pada penelitian ini berjumlah 66 orang pegawai poliklinik dan kefarmasian Rumah Sakit Umum Daerah H. Damanhuri Barabai. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling dengan teknik total sampling. Responden pada penelitian ini berjumlah 66 orang pegawai poliklinik dan kefarmasian Rumah Sakit Umum Daerah H. Damanhuri Barabi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear sederhana dan regresi linear moderasi dengan aplikasi program SPSS Statistic 26.

Hasil uji t pada penelitian ini membuktikan adanya pengaruh positif antara variabel beban kerja terhadap stres kerja pegawai poliklinik dan kefarmasian Rumah Sakit Umum Daerah H. Damanhuri Barabai. Sedangkan melalui analisis moderasi menunjukkan hasil bahwa dukungan sosial mampu memperlemah pengaruh beban kerja terhadap stres kerja. Hasil uji koefisien determinasi, diketahui bahwa variabel independen mampu menjelaskan variabel dependen sebesar 83,8%, sedangkan sisanya 16,2% bisa dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukakan dalam penelitian ini seperti self-efficacy, konflik, organizational citizenship behavior, burnout, emotional intelligent role conflict, role ambiguity, responsibility distribution management, work environment, work intensifaction,  family role conlifct, career development environment dan gaya kepemimpinan.

Kata Kunci : Beban Kerja, Stres Kerja, Dukungan Sosial

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI