DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KARAKTER DISIPLIN MENGGUNAKAN MODEL PATEN PADA SISWA KELAS IV SDN TELUK DALAM 11
PENGARANG:HERDYAN AZOKA CHANDRA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-08-31


Chandra, Herdyan Azoka (2023) “Meningkatkan Aktivitas Dan Karakter Disiplin Menggunakan Model Paten Pada Siswa Kelas IV SDN Teluk Dalam 11” Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing Akhmad Riyandi Agusta, M. Pd.

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Disiplin, Hasil Belajar, PATEN

Masalah utama pembelajaran yang diberikan guru selama ini cenderung hanya menggunakan metode ceramah dan pembelajaran masih bersifat satu arah, serta kurang aktifnya peran siswa, aktivitas siswa, dan penggunaan media saat pembelajaran. Hal ini berpengaruh pada rendahnya aktivitas siswa, keterampilan disiplin siswa dan hasil belajar siswa kelas IV SDNTeluk Dalam 11 Banjarmasin. Melalui model PATEN (Problem Based Learning, Numbered Heads Together dan Contextual Teaching Learning)yang merupakan alternatif solusi pemecahan masalah. Tujuan dari penelitian ini yaitu meningkatkan keterampilan disiplin siswa dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV semester genap SDN Teluk Dalam 11 Banjarmasin, adapun jumlah siswa sebanyak 7 orang. Sedangkan pengumpulan data aktivitas guru, siswa dan keterampilan disiplin siswa diperoleh melalui lembar observasi, dan hasil belajar siswa diperoleh melalui tes individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan persentase.

Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru pada pertemuan I mendapat skor 36, pertemuan II mendapat skor 38, dan pada pertemuan III mendapat skor 40. Aktivitas siswa pada pertemuan I memperoleh persentase 43%, pada pertemuan II memperoleh persentase 57%, dan pada pertemuan III memperoleh persentase 86%. Sedangkan keterampilan disiplin siswa pada pertemuan I memperoleh persentase 57%, pertemuan II memperoleh persentase 71%, dan pada pertemuan III memperoleh persentase 86% secara klasikal.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model PATEN (Problem Based Learning, Numbered Heads Togetherdan Contextual Teaching Learning) dapat meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan disiplin serta hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI